Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto menyatakan akan fokus mencapai swasembada energi seperti CPO, batu bara, dan energi panas bumi pada masa pemerintahannya. Penerbitan CPO PT Triputra Agro Persada Tbk. (TAPG) mengatakan pihaknya akan mendukung program swasembada energi pemerintah.

Sekretaris Perusahaan Triputra Agro Persada Joni Tjeng mengatakan perseroan akan terus mendukung program pemerintah termasuk swasembada energi. Ini sebagian besar merupakan energi terbarukan yang berasal dari dalam negeri.

“Perusahaan juga terus mendukung seluruh program energi, termasuk Biodiesel B35 dan B40 yang akan dilaksanakan pada tahun 2024,” kata Joni, Senin (21/10/2024).

Lanjutnya, TAPG terus melakukan kajian untuk mengidentifikasi potensi minyak sawit lain yang dapat berkontribusi terhadap swasembada energi nasional.

Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha memilih saham TAPG sebagai salah satu saham yang patut diperhatikan di sektor swasembada energi CPO.

Menurutnya, CPO juga menjadi salah satu sektor penopang perekonomian Indonesia. Menurutnya, hilirisasi akan meningkatkan manfaat CPO, salah satunya biodiesel B40.

Sebelumnya, dalam pidato perdananya, Presiden Prabowo Subianto mengatakan swasembada energi harus dicapai untuk menghadapi kemungkinan terburuk jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa yang tidak diinginkan seperti perang antar negara.

“Kita juga harus swasembada energi. “Dalam situasi ketegangan dan kemungkinan perang dimana-mana, kita harus bersiap menghadapi kemungkinan terburuk,” kata Prabowo dalam pidatonya, Minggu (20/10/2024).

Ia optimistis Indonesia mampu swasembada energi. Menurut Prabowo, Indonesia memiliki tanaman seperti kelapa sawit yang bisa menghasilkan solar dan bensin.

Selain itu Indonesia mempunyai singkong, tebu, sagu, jagung dan lain-lain yang dapat diubah menjadi energi. Indonesia, katanya, juga memiliki cukup energi panas bumi bawah tanah, banyak batu bara, dan banyak pembangkit listrik tenaga air.

“Pemerintahan yang akan saya pimpin akan fokus pada pencapaian swasembada energi,” tegasnya.  

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel