Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah analis menilai emiten industri yang masuk dalam Indeks IDXINDUST akan mulai memasuki lingkungan positif. Dua Astra memberi yaitu PT Astra International Tbk (ASII) dan PT. United Tractors Tbk (UNTR) akan mengangkutnya.

IDXINDUST diharapkan mendapat reaksi positif dari program swasembada energi sumber daya dalam yang diusung pemerintahan baru, Prabowo-Gibran.

Dilihat dari kinerjanya, indeks industri mengalami penurunan seiring dengan tren penurunan Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Indonesia selama tiga bulan terakhir.

PMI Manufaktur Indonesia pada September 2024 berada di angka 49,2, sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 48,9.

Artikel tentang penerbit yang mempromosikan indeks industri menjadi salah satu berita pilihan BisnisIndonesia.id hari ini, Selasa (22/10/2024). Selain berita tersebut, beragam berita ekonomi dan bisnis yang detail dan analitis juga disajikan dari redaksi BisnisIndonesia.id. Berikut ulasannya:

 

Wajah Lama, Wajah Baru Menteri Perekonomian Prabowo

Sejumlah wajah tergabung dalam Menteri Perekonomian Kabinet Merah Putih bentukan Perdana Menteri Prabowo Subianto. Dibalik tampilan lama, ada kebutuhan baru yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan kabinet.

Salah satu wajah lama yang terlihat adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga juga memegang posisi yang sama di bawah Presiden Joko Widodo.

Dalam perannya di Kabinet Merah Putih, Airlangga akan bergabung dengan kementerian perekonomian lainnya untuk mengemban tugas pokok di era Prabowo, salah satunya adalah mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 8%.

Di antara para menteri perekonomian era Prabowo, banyak nama-nama lama seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

 

Ketergantungan Pertumbuhan Ekonomi dari Luar Pulau Jawa

Perekonomian Indonesia sedang menghadapi tantangan. Hal ini terlihat dari pertumbuhannya yang lambat. Masih ada bagian yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan perekonomian, yaitu dengan menambah sumber daya dari luar Pulau Jawa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, perekonomian Indonesia pada triwulan II tahun 2024 tumbuh 5,05% year-on-year (YoY). Angka tersebut lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya yang naik 5,11% YoY.

Dilihat dari sebaran wilayahnya, Maluku dan Papua tumbuh signifikan dibandingkan wilayah lainnya, yakni sebesar 8,45%. Namun kontribusinya terhadap perekonomian nasional masih kecil, yakni 2,70%.

Pertumbuhan terkecil terjadi di Pulau Sumatera sebesar 4,48% dengan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia sebesar 22,08%. Penyumbang terbesar adalah Pulau Jawa sebesar 57,05%. Perekonomian tumbuh sebesar 4,92%.

 

Dua Penerbit Astra (ASII & UNTR) Akan Mendukung Indeks Industri

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (18/102024), IDXINDUST menguat dari 1,67%. Angka tersebut berada di bawah kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang naik 6,7% dibandingkan awal tahun.

Kinerja IDXINDUST ini lebih rendah dibandingkan beberapa indeks lain seperti sektor energi, infrastruktur, dan kesehatan yang masing-masing meraih kenaikan sebesar 31,72%, 13,43%, dan 17,94% year-to-date.

Hingga perdagangan akhir pekan lalu, indeks industri menguat tipis 0,32% ke level 1.075.

“Kami merekomendasikan saham ASII, UNTR dan MARK yang memiliki nilai menarik dibandingkan industrinya,” kata Cynthia.

 

Temukan Pindad MV3 Garuda Limousine, mobil yang digunakan Prabowo-Gibran usai pelantikan.

Pindad menghadirkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan baru hasil pengembangan industri pertahanan dalam negeri yang digunakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada peresmian di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10). /2024). ).

MV3 Garuda Limousine merupakan varian upgrade terbaru dari MV3 yang dirancang dan dikembangkan berdasarkan bimbingan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Direktur PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengucapkan selamat atas penunjukan Presiden RI tersebut sekaligus menyampaikan kebanggaannya dapat menggunakan MV3 Garuda Limousine dalam periode bersejarah ini sebagai mobil umum pertama di Indonesia.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan baru kami, MV3 Garuda Limousine karya anak bangsa, digunakan dalam masa bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto,” ujarnya. Musa. keterangannya, Minggu (20/10/2024).

 

Lihat Profil Menteri dan Wakil Menteri Real Estat Dekat Dragon Property Tycoon

Presiden Prabowo Subianto membagi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi dua kementerian berbeda, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat dan Sosial.

Sebelumnya, sektor perumahan Tanah Air dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, Prabowo melantik Maruar Sirait sebagai Menteri Perumahan dan Real Estate di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Maruarar Sirait Menteri Perumahan Rakyat dan Perumahan Rakyat, ujarnya, dikutip dari tayangan YouTube, dilansir Senin (21/10/2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel