Bisnis.com, Jeddah – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung globalisasi UMKM. Sebagai langkah nyata, BRI melalui perwakilan Bank Arab Saudi akan menghadirkan lima perusahaan UMKM binaan lulusan Brilliantpreneur yaitu Restu Mande, Aluva, Mato dan Hvilah Tee pada pameran “Amazing Indonesia” yang akan digelar pada tanggal 26 hingga memamerkan produk Kopi Munir. – 28 September 2024 di Hotel Al Mutlaq, Jalan Al Madinah, Jeddah.

Acara ini diselenggarakan oleh KJRI Jeddah bekerja sama dengan ITPC Jeddah. 26 peserta yang terdiri dari 8 perusahaan Arab Saudi yang merupakan importir barang konsumsi Indonesia, BPKH Limited, Koperasi Amphura, Dirjen Imigrasi, 2 bank Indonesia (BRI dan BSI), dan peserta UMKM lainnya di Indonesia.

Beberapa calon pembeli mengunjungi booth BRI pada acara tersebut, mulai dari artisan cafe Arab Saudi hingga asosiasi hotel. Keikutsertaan BRI dalam pameran tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang sebelumnya program ini dikenal dengan nama UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Perubahan nama ini juga merupakan langkah memperkuat posisi BRI sebagai bank yang konsisten mendukung UMKM dengan turut menjadi tuan rumah BRI MICROFINANCE OUTLOOK pada acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025.

BRI memiliki perwakilan bank di luar negeri dan aktif menjalin kerja sama dengan kedutaan besar Indonesia dan ITPC luar negeri untuk ikut memperluas jaringan bisnis, membangun reputasi produk lokal berkualitas tinggi, dan menangkap peluang pasar yang lebih luas.

Direktur Perdagangan dan Usaha Kecil dan Menengah BRI Amam Sukryant mengatakan BRI UMKM EXPO (RT) merupakan langkah nyata yang dilakukan BRI sebagai komitmen membantu UMKM bersaing di pasar global.

“Expo UMKM BRI(RT) ini akan menjadi peluang yang sangat baik bagi para UMKM, baik yang sudah terafiliasi dengan BRI maupun yang ingin bergabung untuk memperluas jangkauan pasar dan terhubung dengan calon pembeli internasional. Baik dalam hal pemberian pembiayaan, dukungan usaha dan pemberdayaan. , serta cara mengakses pasar yang luas bahkan global, akan terus kami upayakan,” kata Emam.

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan perusahaan UMKM diharapkan dapat memberikan dampak positif dan luas terhadap peningkatan dan pengembangan kemampuan dan kualitas badan usaha Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan penjualan UMKM, namun juga menjadi langkah BRI dalam hal pemberdayaan keuangan masyarakat dan peningkatan literasi keuangan, sehingga membawa kita menuju masyarakat Indonesia yang lebih inklusif dan progresif.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel