Bisnis.com, Jakarta – Menteri Pertanian (Minton) Andi Amran Suleiman mengatakan tujuan utamanya dalam 5 tahun ke depan adalah memperkuat koordinasi dan menghilangkan korupsi internal. Presiden Prabowo Subianto menyerahkannya kepada Imran. 

Andy mengatakan, ada tiga pesan penting yang diterimanya saat Presiden Prabowo Sabinto dilantik. Pertama, terkait penguatan kerja sama dan koordinasi antar kementerian.

Pesan lainnya, kata Andy, adalah melawan praktik korupsi di Kementerian Pertanian. Andy bercerita, dirinya pernah didatangi Dirjen yang mengatakan Kementerian Pertanian adalah tempatnya korupsi.

Andy sangat sedih mendengarnya dan meminta agar tidak ada lagi korupsi di Kementerian Pertanian. Tak hanya itu, akan dilakukan tindakan tegas terhadap pelaku korupsi di Kementerian Pertanian.

Ayo ke kamar, hentikan saya di jalan. Pasti saya ganti rugi,” kata Andy di kantornya, Senin (21/10/2024). ucapnya dalam pertemuan persahabatan.

Lalu ke pesan ketiga. Andy mengatakan, Presiden Prabowo harus mencapai kemandirian pangan secepatnya.

Andy mengatakan mereka akan terus berupaya mencapai swasembada pangan secepatnya. Sehingga menjaga kesehatan pangan rumah tangga dan membuat masyarakat lebih sejahtera.

Kemandirian pangan bukan hal yang mustahil, ujarnya. Sebab, pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hal itu bahkan pernah mendapat penghargaan keamanan pangan dari Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO).

“Impian kami adalah dalam waktu sesingkat mungkin, kami tidak akan mengalami lebih banyak kasus bunuh diri dibandingkan kasus bunuh diri.” Ini adalah impian kami. Dan Anda pasti bisa,” kata Andy.

Sebelumnya, dalam pidato pertamanya, Prabowo mengumumkan bahwa negara bisa mencapai ketahanan pangan secepatnya. 

Jadi, ketahanan pangan harus kita capai dalam waktu singkat, jelasnya, yang kemudian disambut tepuk tangan. 

Prabowo mengaku sudah belajar dengan para ahli bagaimana cara mencapai misi tersebut. 

“Saya belajar dengan para ahli yang membantu saya. Setidaknya dalam 4-5 tahun kita akan mandiri pangan dan siap menjadi keranjang makanan dunia,” ujarnya. 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel