Bisnis.com, Jakarta – Presiden Prabowo Subianto pada Minggu (20/10/2024) resmi melantik Andy Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Menton) di Kabinet Merah Putih. Sebelumnya, Senin (14/10/2024), Amran menjadi salah satu orang yang diundang Prabowo ke Kirtanegara, Jakarta Selatan.

Amran sendiri sudah tidak asing lagi dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Pria kelahiran 27 April 1968 ini menjabat Menteri Pertanian pada Oktober 2014 hingga Oktober 2019 pada periode pertama pemerintahan Jokowi.

Belakangan, Jokowi kembali mengangkat Amran sebagai Menteri Pertanian. Tepatnya pada Oktober 2023, ia menggantikan Amran Saihrul Yasin Limpo (SYL) yang saat itu terjerat kasus korupsi. 

Amran sendiri memperoleh gelar sarjana pertanian dari Universitas Hasanuddin dan menyelesaikan gelar sarjana atau magister pertanian dari Unhas pada tahun 2002–2003 dan gelar PhD bidang ilmu pertanian dari Unhas pada tahun 2008–2012.

Dengan latar belakang pertanian, Amran bekerja terutama di bidang pertanian dan hortikultura. Ia tercatat pernah bekerja di PT Perkebunan Nusantara 

Setelah berkarir di perusahaan pelat merah selama 15 tahun, Amran melebarkan sayapnya pada tahun 1996 dengan mendirikan PT Tiran Nusantara Group di Bon, Sulawesi Selatan. Tiran adalah kependekan dari racun tikus dari Amran.

Perusahaan yang didirikan oleh Amran ini menciptakan penemuan-penemuan untuk mengatasi hama tikus, memproduksi pestisida dan mengatasi hama lainnya.

Kini Tiran Group terus mengembangkan bidang usahanya, tidak hanya memproduksi pestisida, perkebunan sawit, tebu, kacang mete, pabrik gula terbesar, namun juga merambah ke dunia pertambangan nikel, smelter, tambang emas, dan SPBU. .

Sedangkan Amran tercatat sebagai Komisaris Utama PT Janlin Agro Raya TBK. (JARR) pada tahun 2021, sebelum diserahkan kepada Joni Saputra, putra Haji Isam.

Simak berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA