Bisnis.com, JAKARTA – Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mendesak penggantinya untuk menjaga dan memperkuat peran Bappenas dalam pembangunan Indonesia.

Suharso sendiri resmi digantikan oleh Rachmat Pambudy sebagai Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) periode 2024-2029.

“Pejabat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas diingatkan untuk memikirkan matang-matang perencanaan kerja Bappena agar dapat diselamatkan, diperkuat, dan dilaksanakan,” kata Suharso pada acara serah terima menteri. Senin (21/10/2024) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappens di Kantor Bappens Jakarta Pusat.

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menjelaskan, pengalamannya di dunia politik kurang lebih 25 tahun. Setidaknya, Suharso mengaku sudah membantu pemerintah sejak Megawati Soekarnoputri, presiden kelima RI.

Saat itu, ia melihat di banyak negara institusi seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mulai mati. Meski demikian, Suharso menilai peran Bapenas tetap penting bagi pembangunan Indonesia.

“Padahal, Departemen Perencanaan Pembangunan Nasional telah menetapkan fungsi pokoknya dalam undang-undang, yang kemudian dilanjutkan dengan peraturan pemerintah dan kemudian dengan keputusan presiden,” ujarnya.

Sebagai informasi, peran dan tugas BAPENUS menurut peraturan perundang-undangan adalah menyiapkan makroekonomi; mengembangkan tema, tujuan, kebijakan dan prioritas pembangunan; Mengkoordinasikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan perencanaan dan anggaran; Persiapan bangunan dan struktur.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bapak Rachmat Pambudy mengatakan, daerah yang dipimpinnya telah menjadi wadah para pemikir di Indonesia.

Menurut dia, meski anggarannya dikurangi pada tahun depan, Bappenes punya beberapa keunggulan, baik dari segi ide maupun pendapat.

“Dengan kekuatan intelektual di sini, kekuatan anggaran hanya tinggal menunggu waktu,” kata Rachmatt di acara yang sama.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel