Bisnis.com, Batavia – Prabowo Subianto mulai menjabat kemarin, 20 Oktober 2024 sebagai Presiden ke-8 RI. Prabowo merupakan bagian dari keluarga Sendana, karena ia merupakan menantu Presiden ke-2 RI. Indonesia, Soeharto.

Prabowo Suharto Titik adalah putri mantan suami Soeharto. Keduanya menikah pada tahun 1983 saat Soeharto berkuasa, dan menikah beberapa bulan sebelum Soeharto dibebaskan. 

Sedangkan setelah Soeharto lengser, keluarga Sendana masih memegang portofolio saham tersebut. Portofolio sahamnya banyak dikuasai oleh perusahaan bernama Humpus yang 60% kepemilikannya dikuasai putra kelima Soeharto, Tommy Soeharto. Selain itu, 40% saham Humpuss dikuasai putra kedua Soeharto, Sigit Harjojudanto.

Lalu ada perusahaan patungan keluarga Cendana PT Humpuss Intermoda Transport Tbk (HITS) dan PT Humpuss Maritim International Tbk (HUMI).

Salah satu entitas baru yang dikelola keluarga Cendana yakni lapangan PT Intra Golflink Resorts Tbk. (GOLF).

Sementara itu, saham GOLF saat ini dimiliki oleh PT Bali Pekatu Graha sebesar 98,33% dan PT Mandalprata Permai sebesar 1,67%. Kedua bagian perusahaan tersebut dipegang oleh PT Hampus Land.

Sementara itu, ketika Prabowo yang pernah menjadi bagian dari keluarga Sendana kemudian menjabat sebagai Presiden RI, para pemberi nafkah keluarga Sendana kurang aktif.

Misalnya: Saham HUMI ​​anjlok 3,08% pada perdagangan Jumat (18/10/2024) jelang pelantikan Prabowo. Lalu, harga HUMI ​​hari ini berada di level Rp 63. Harga saham HUMI ​​anjlok 58,28% pada tahun berjalan (year-to-date/ydd).

Selain itu, HITS dikabarkan turun 0,68% harga sahamnya akhir pekan lalu hingga ditutup di Rp 294. Namun pada hari ini, Senin (21/10/2024) atau pada perdagangan sesi pertama yang diluncurkan bersama Prabowo, harga saham HITS menguat 1,36% hingga mencapai Rp 298. Namun harga sahamnya masih turun 20,74%.

Hanya saham GOLF yang mencatatkan kinerja 0,88% ke Rp 230, pada akhir perdagangan pekan lalu. Harga saham GOLF juga terkonfirmasi 11,65% sejak melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada Juli 2024.

Sebelumnya, Nafan Aji Gusta, Analis Pasar Senior Mire Asset Security, mengatakan pasar merespons positif langkah pemerintah ke Prabowo karena stabilitas politik tetap terjaga. Saat-saat seperti pemilihan menteri, terutama yang berkaitan dengan perekonomian, juga membawa harapan bagi pasar.

“Transisi ini terjadi karena memberikan stabilitas politik dan harapan bagi investasi,” ujarnya kepada Bisnis.

Menurutnya, pasca pelantikan, banyak hal yang menarik untuk disimak, termasuk terkait keluarga Prabowo. Meski demikian, pengembang tetap fokus pada pangsa pasar akun likuid.

“Jangan minta uang, sebagian besar suku cadang ini bukan dari LQ45,” kata Nafan.

________

Penafian: Pesan ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembelian atau penjualan saham. Keputusan jelas ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang diakibatkan oleh keputusan para investor.

Simak Google News dan berita serta artikel lainnya di channel WA