Bisnis.com, Jakarta – PT Pindad menghadirkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri yang digunakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gebran Rakabuming Raka pada acara pembukaan di Gedung MPR/DPR , RI, Minggu (20/10/2024).

MV3 Garuda Limousine merupakan versi evolusi terbaru dari MV3 yang dirancang dan dikembangkan sesuai langsung dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Direktur Utama Pindad Abraham Moss mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden RI sekaligus menyampaikan kebanggaannya dapat menggunakan limusin MV3 Garuda di momen bersejarah ini sebagai kendaraan utama masyarakat di Indonesia.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, limusin MV3 Garuda karya anak bangsa, dapat digunakan pada momen bersejarah dan mendapat kepercayaan dari Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto. ” kata Musa dalam keterangannya, Minggu (20/10/2024).

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Seagate P., mengungkapkan. Santosa, atas peran penting Presiden Indonesia di balik MV3 Garuda Limousine.

Pasalnya, Prabowo mengusung kemandirian industri nasional di bidang otomotif sebagai upaya maksimal mewujudkan pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara menyeluruh, mulai dari desain konseptual hingga produksi massal.

MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang menunjukkan kepribadian yang kuat dengan jati diri bangsa Indonesia yang kuat, serta dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang di dalamnya, kata Sigit. 

“Seperti halnya MV3 Maung, Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto, berperan penting dalam menuangkan ide-ide inovatif, pengakuan nasional, dan masukan ke dalam MV3 Garuda Limousine,” kata Sigit.

Sedangkan limusin MV3 Garuda dikembangkan khusus dari MV3 untuk mobil Presiden dan Wakil Presiden RI. Mobil berwarna putih ini memiliki tampilan yang maskulin dan eksklusif serta memiliki fitur-fitur terkini. 

Garuda memiliki bobot 2,95 ton, panjang kurang lebih 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter, serta dilengkapi desain wheelbase panjang yang nyaman dan lapang. Mobil ini bermesin 202 PS/199 PS, transmisi AT 8 percepatan, dan kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Bersama jajaran produsen alutsista dan keamanan, Pindad menjadikan perlindungan kendaraan sebagai prioritas utama dengan memberikan fitur keamanan pada seluruh area kendaraan termasuk bodi dengan bahan lapis baja komposit tahan persenjataan. Bola NATO 7,62 x 51mm Cal. 5,56×45mm M193.

Lalu, kaca antipeluru level B5/B6, dilengkapi ban R21 Run Flat Tire (RFT) yang mampu bertahan meski bocor di jalan.

Dari luar, MV3 Garuda Limousine l dilengkapi dengan tangga otomatis di bagian samping mobil untuk memudahkan keluar masuk kendaraan. 

Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepakan sayapnya yang menyebar dalam bentuk simbol-simbol di berbagai bagian mobil, mulai dari gril hingga pinggir mobil dan tetap terlihat meskipun roda mobil sedang bergerak. 

Bentuk kisi-kisinya terinspirasi dari batik parang yang mewakili kearifan lokal sekaligus bagian identitas bangsa. Di bagian belakang terdapat knalpot ganda untuk meningkatkan performa mobil.

Interior premiumnya menggunakan aksen kayu, dan dilengkapi dengan Captain’s Seat dengan power adjuster serta pijakan kaki dan panel kontrol sentuh limousine. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan head unit berukuran 12 inci, kamera 360 derajat, smart LED TV, cold storage, dan WiFi portabel.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel