Bisnis.com, JAKARTA – Sakit punggung merupakan fenomena yang umum terjadi, jika terjadi terus menerus bisa sangat berbahaya.

Dikutip dari MedicalNewsToday, Sabtu (19 Oktober 2024), sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan aktivitas fisik dalam aktivitas sehari-hari dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMJ Open menemukan bagaimana mengurangi perilaku duduk satu jam sehari dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

Penelitian ini merupakan analisis sekunder dari uji coba terkontrol secara acak dan melibatkan 64 orang dewasa. Semua peserta memiliki indeks massa tubuh obesitas atau kelebihan berat badan dan kurang berolahraga. 

Gergaji uji ini tidak banyak bergerak selama 10 jam atau lebih atau mengalami keausan setidaknya 60% dari penggunaan 24 jamnya. 

Sebelum percobaan dimulai, para peneliti mengukur aktivitas fisik dan perilaku duduk partisipan dengan akselerometer selama sekitar satu bulan. Para peneliti membagi peserta menjadi kelompok kontrol dan intervensi. Intervensi ini berlangsung selama enam bulan.

Kelompok intervensi berupaya mengurangi perilaku sedentary sebanyak satu jam per hari. Sedangkan kelompok kontrol tetap menjalani gaya hidup normal. Rata-rata, peserta dalam kelompok intervensi meningkatkan aktivitas fisik sedang hingga berat sebanyak 20 menit per hari dan menurunkan perilaku sedentary sekitar 40 menit per hari.

Para peneliti melakukan pemindaian PET dan MRI pada subsampel 44 peserta untuk memeriksa penyerapan glukosa di otot dan lemak paraspinal.

Secara keseluruhan, kelompok intervensi tidak mengalami perubahan pada nyeri punggung, sedangkan kelompok kontrol mengalami peningkatan nyeri punggung yang signifikan secara statistik.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara peningkatan langkah harian dan penyerapan glukosa yang lebih baik pada otot paraspinal (otot punggung). Hasilnya menambah bukti bahwa perubahan aktivitas sederhana pun dapat bermanfaat bagi penderita sakit punggung.

“Sakit punggung adalah gejala yang umum dan terkadang melumpuhkan,” jelas penulis studi, peneliti doktoral dan ahli terapi fisik Jooa Norha. Kami menemukan bahwa membatasi waktu duduk setiap hari membantu mencegah sakit punggung.”

Dikutip dari Healthline, sakit punggung masih menjadi masalah menantang yang perlu ditangani oleh dokter dan spesialis. Oleh karena itu, ubahlah kebiasaan duduk Anda dan tingkatkan aktivitas fisik. (Berik Samuel)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel