Bisnis.com, JAKARTA – PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN konstruksi dan investasi di Indonesia mengawali peresmian Proyek Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 dan Proyek Bayung Lencir-Tempino yang berlokasi di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Utara Provinsi Sumatera (16/10/2024).

Presiden RI Joko Widodo meresmikan langsung dengan menandatangani prasasti sebagai bentuk simbolis. Turut hadir dalam peresmian tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Anggota Komisi 5 DPR RI Bakri, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, Pj Bupati Asahan Basarin Yunus Tanjung, Dirjen Bina Marga Kementerian Bina Marga. PUPR Rachman Arief Dienaputra, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto dan Direktur Keuangan PTPP Agus Purbianto.

Dalam peresmian tersebut, Presiden RI meresmikan 2 proyek jalan tol Trans Sumatera yang sedang dikerjakan PTPP, yaitu yang pertama adalah proyek jalan tol ‘Indrapura – Kisaran II seksi lima puluh – Kisaran. Kedua, Proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino yang meliputi pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 2 yang merupakan satu paket yang dikerjakan oleh PTPP.

Proyek Tol Indrapura – Kisaran merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mempunyai nilai kontrak Rp 4,5 triliun, memiliki panjang ruas 47,75 km dengan masa pelaksanaan Desember 2018 hingga Januari 2024. bagian ke 2 proyek Jalan Bayung Lencir – Tempino yang merupakan bagian dari paket pembangunan Tol Bayung Lencir – Tempino memiliki nilai kontrak Rp 1,18 triliun dengan panjang ruas 11.004 km dan masa konstruksi 415 hari terhitung Juni 2023 – Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa jalan tol tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur Trans Sumatera. “Dengan adanya jalan tol khususnya Trans Sumatera diharapkan akan terjadi kecepatan dalam mobilitas orang, kecepatan dalam mobilitas barang, kecepatan dalam penyampaian distribusi logistik sehingga setiap daerah dapat ‘bersaing dengan daerah di negara lain karena persaingan antar negara sekarang sangat ketat,” kata Presiden.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan dengan diresmikannya Proyek Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 dan Proyek Bayung Lencir – Tempino, PTPP resmi menyelesaikan Proyek Pembangunan Jalan Tol Strategis Nasional Trans Sumatera.

Peresmian Proyek Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 ini merupakan kelanjutan dari Proyek Jalan Tol Indrapura – Limapuluh yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal tahun 2024. Dengan peluncuran hari ini, PTPP telah menyelesaikan mandat pengembangan proyek strategisnya. Nasional (PSN) dalam pembangunan infrastruktur Trans Sumatera yaitu proyek Indrapura – Kisaran dan proyek Bayung Lencir-Tempino dengan kualitas yang baik, sesuai tujuan dan keutamaan aspek keamanan, ” tegas Novel.

Saat ini, PTPP tetap berkomitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional yang sedang berjalan sesuai dengan tujuan pelaksanaan. “Untuk proyek infrastruktur PSN lainnya yang masih dikerjakan PTPP yaitu Proyek Tol Probolinggo – Banyuwangi Seksi 3, Proyek Tol Japek Selatan 2 Paket Seksi 2A, Proyek Tol Semarang Demak Seksi 1B dan Proyek Serang – Panimbang Seksi 3 pasti akan terus dilanjutkan. diawasi,” agar dapat diselesaikan dengan kualitas terbaik dan tepat waktu, sehingga dapat dinikmati manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia dan meningkatkan daya saing nasional,” pungkas Novel.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel