Bisnis.com, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia bereaksi terhadap kabar Prabowo-Gibran akan kembali ke kabinet. Namun, dia belum membenarkan posisi yang akan diberikan Presiden terpilih tersebut. 

Bahlil mengatakan Presiden baru terpilih Prabowo Subianto akan mengumumkan menteri-menteri yang masuk kabinetnya pada Minggu (21/10/2024) malam atau Senin (22/10/2024). 

“Entahlah, kemarin kita dipanggil, Tuhan mengharapkan kita, kita diberi amanah, tapi itu hak prerogratif presiden, saya tidak mau kemana-mana karena hidup saya air mengalir,” dia dikatakan. Bahlil di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (18/10/2024). 

Hasil diskusi dengan Ketua Umum Partai, Prabowo, dibicarakan Golkar saat dipanggil ke Kertannagar dan mendapat pengarahan di Hambalang, Bogor, beberapa hari lalu.

Prabowo mengajaknya berkontribusi pada negara, kedaulatan pengelolaan sumber daya alam, pemerataan kekuasaan atas sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat dan pendapatan negara, kedaulatan energi, dan ekstraksi minyak. 

“Saya bahas. Terjemahkan sendiri. Pembahasannya tentang perekonomian kita, bagaimana masyarakat di daerah tidak boleh bingung, hak-hak masyarakat di daerah harus kita lindungi,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, Prabowo selalu berbicara tentang kedaulatan pengelolaan sumber daya alam (SDA) sesuai Pasal 33 UUD 1945. 

Yang dimaksud dengan Bahlil dalam pasal ini adalah segala sumber daya baik yang ada di darat, laut, dan udara yang dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat dalam pembangunan negara dan negara. 

“Entahlah, kemarin kita dipanggil, Insya Allah kita diberi amanah, tapi itu hak prerogratif presiden, saya tidak mau lihat kemana perginya karena sayalah air yang mengalir di rumah saya. hidup,” katanya. 

Lebih lanjut, ia membantah rumor dirinya masuk kabinet Prabowo karena menduduki jabatan Ketua Umum Partai Golkar. 

“Sebelum saya jadi Presiden Golkar, saya presiden TKS, belum menjadi presiden Golkar, itu tim kampanye nasional, secara informal TKS, kami banyak ngobrol, proses kampanye kalau saya terjemahan, itu posisi saya sebagai presiden. dari tim TKS,” tutupnya. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel