Bisnis.com, JAKARTA – PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) melalui anak perusahaannya PT Global Onkolab Farma (GOF) membuka pabrik radioisotop terutama fluorodeoxyglucose (FGD) untuk deteksi dini penyakit kanker. 

Pabrik radioisotop tersebut dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (15/10/2024). 

CEO Kalbe Farm Irawati Setiady mengatakan, pendirian pabrik radioisotop sendiri merupakan bagian dari komitmen Kalbe untuk semakin meningkatkan akses layanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat, khususnya dalam bidang deteksi kanker. 

“Radioisotop yang diproduksi secara internal ini merupakan wujud kontribusi perusahaan terhadap kemandirian kesehatan nasional dan peningkatan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikeluarkan, Kamis (17/10/2024).

Selain itu, Irawati mengatakan pabrik radioisotop penghasil fluorodeoxyglucose (FGD) sangat dibutuhkan untuk mendukung pemindaian Positron Emission Tomography dan Computed Tomography (PET/CT-Scan) di rumah sakit. 

Ia berharap produksi radioisotop KLBF dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit akan PET/CT-Scan dan membantu memperluas akses lebih banyak pasien kanker terhadap pengobatan kanker yang komprehensif. 

Kapasitas produksi radiofarmasi dalam negeri saat ini dinilai sangat terbatas, namun kebutuhannya semakin meningkat. Hal ini, kata dia, berdampak pada lamanya waktu tunggu pasien untuk mendapatkan layanan diagnostik PET-Scan, sehingga banyak pasien yang pergi ke luar negeri hanya untuk mendapatkan layanan tersebut.

“Kalbe mendukung penuh upaya transformasi ini dengan membangun fasilitas produksi radioisotop dan radiofarmasi,” ujarnya. 

PT Global Onkolab Farma juga fokus pada pengembangan dan produksi berbagai obat anti kanker, termasuk obat resep dan obat suportif.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel