Bisnis.com, Jakarta – Penipuan menggunakan kecerdasan buatan (AI) semakin sering terjadi. Baru-baru ini, ada laporan penipu yang meretas akun Gmail menggunakan AI.

Laporan tersebut ditulis oleh Sam Mitrovic, yang merupakan konsultan solusi di Microsoft. Dalam websitenya, ia menjelaskan bagaimana akun Gmail miliknya hampir diretas oleh orang tak dikenal.

Sam mengatakan dia baru-baru ini menerima pemberitahuan di akun Gmail-nya yang menyetujui upayanya memulihkan akun Gmail-nya. Sam mengatakan pengumuman itu datang dari Amerika Serikat.

Setelah menerima informasi ini, Sam menolak upaya memulihkan akunnya. Namun sekitar 40 menit kemudian ia menerima panggilan tak terjawab yang ternyata dari penelepon yang menggunakan ID Google Sydney.

Setelah kejadian tersebut, Sam mendapat notifikasi yang sama, yakni permintaan untuk memulihkan akun Gmailnya. Lalu sekitar 40 menit kemudian ada panggilan dari nomor tak dikenal. Berbeda dengan dulu, kali ini Sam berusaha membangunkannya.

“Itu adalah suara Amerika, sangat sopan dan profesional.” Nomornya adalah orang Australia. “Dia memperkenalkan diri dan mengatakan ada aktivitas mencurigakan di akun saya,” kata Sam di lamannya, Kamis (17/10/2024).

Dalam panggilan tersebut, Sam mengatakan penelepon mengatakan seseorang telah mengakses akunnya selama seminggu dan mengunduh informasi pribadinya dari akun Gmailnya.

Mendengar hal tersebut, Sam mengaku sempat mencari nomor yang menghubunginya untuk mengetahui apakah benar dari Google atau tidak.

Setelah dilakukan pencarian, mereka menemukan bahwa nomor tersebut sebenarnya milik sebuah perusahaan di Amerika Serikat. Namun, mereka menyadari bahwa memalsukan nomor telepon tidaklah sulit. Jadi mereka meminta penelepon untuk mengirim email lagi mengenai upaya mereka memulihkan akunnya.

Setelah beberapa saat, Sam mendapat email. Menurut mereka, email tersebut terlihat biasa saja dengan domain pengirim berasal dari Google.

Sam berkata, “Namun, sekali lagi, alamat email mudah dipalsukan, dan saya perhatikan bahwa kolom Kepada berisi alamat email yang diberi nama GoogleMail di internalcasetracking.com [domain non-Google].”

Menyadari itu adalah tipuan, Sam mengabaikan panggilan tersebut dan menemukan bahwa itu adalah AI yang meneleponnya. Dia tahu karena pengucapan si penelepon sempurna dan bahkan setelah mengulanginya berulang kali tidak mengubah apa pun.

Sam tahu itu suara AI jadi dia mengakhiri panggilannya. Setelah beberapa waktu, Sam mencoba menelepon nomor itu lagi, tapi tidak ada yang menjawab.

“Saya menelepon kembali namun panggilan tersebut masuk ke pesan suara yang mengatakan ‘Ini Google Maps, kami tidak dapat menerima telepon Anda saat ini’,” kata Sam.

Pasca kejadian percobaan penipuan dan peretasan akun Gmail, Sam mengimbau masyarakat lebih berhati-hati.

Saat ini, teknik yang digunakan untuk melakukan kecurangan menjadi lebih canggih, lebih kuat, dan digunakan dalam skala yang lebih besar.

“Orang-orang sibuk dan penipuan ini tampaknya sangat sah sehingga saya akan memberi mereka nilai A atas usaha mereka. Banyak orang bisa tertipu,” kata Sam. Fitur penipuan AI di Gmail

Sam mengatakan Gmail memiliki beberapa ciri penipuan AI, yaitu menerima notifikasi pemulihan akun yang tidak pernah terkirim. Jika Anda tidak menghubungkan Google Profil Bisnis, Google tidak akan menelepon pengguna Gmail. Email tersebut memiliki alamat email Ke yang tidak terhubung ke domain Google. Tidak ada sesi aktif lain di Akun Google saya kecuali sesi saya. Nama email menunjukkan betapa palsunya email tersebut. Pencarian nomor terbalik menunjukkan orang lain yang telah menerima panggilan penipuan yang sama.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel