Bisnis.com, Jakarta – Bank Sentral Eropa (ECB) kemungkinan akan kembali memangkas suku bunga pada Kamis (17 Oktober 2024) untuk menjaga inflasi di zona euro dan menstabilkan perekonomian di kawasan.

Reuters mengutip sumber yang mengatakan penurunan suku bunga pertama berturut-turut dalam 13 tahun akan mengalihkan fokus bank sentral zona euro dari mengurangi inflasi menjadi melindungi pertumbuhan ekonomi, yang tertinggal dibandingkan Amerika Serikat selama dua tahun berturut-turut.

Data ekonomi terbaru dapat memberikan keseimbangan dalam Bank Sentral Eropa untuk mendukung penurunan suku bunga, dengan survei aktivitas bisnis dan sentimen pada bulan September serta data inflasi keduanya sedikit lebih lemah dari perkiraan.

Setelah data tersebut dirilis, beberapa juru bicara ECB, termasuk Presiden Christine Lagarde, mengatakan kemungkinan adanya penurunan biaya pinjaman lagi pada bulan ini, sehingga mendorong investor untuk mengabaikan langkah tersebut sama sekali.

“Tren ekonomi riil dan inflasi mendukung kemungkinan penurunan suku bunga,” kata ekonom Berenberg, Holger Schmieding.

Pemotongan seperempat poin pada hari Kamis akan membuat suku bunga deposito bank Bank Sentral Eropa menjadi 3,25%, dengan pasar uang sepenuhnya memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga hingga Maret 2025.

Lagarde dan rekan-rekannya kemungkinan besar tidak akan memberikan panduan yang jelas mengenai langkah-langkah di masa depan pada hari Kamis, dan menegaskan kembali bahwa keputusan akan dibuat berdasarkan pertemuan demi pertemuan berdasarkan data yang mereka terima.

Namun, sebagian besar pengamat ECB percaya bahwa penurunan suku bunga mungkin terjadi pada setiap pertemuan.

“Sinyal implisitnya adalah penurunan suku bunga lainnya kemungkinan terjadi pada bulan Desember hingga data membaik,” kata ekonom BNP Paribas, Paul Hollingsworth.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa dapat mengklaim bahwa mereka telah berhasil mencegah inflasi terburuk dalam satu generasi, dengan kenaikan harga hanya sebesar 1,8% pada bulan lalu. Meskipun inflasi kemungkinan akan sedikit di atas target ECB sebesar 2% pada akhir tahun 2024, inflasi diperkirakan akan tetap berada di sekitar level tersebut atau bahkan sedikit lebih rendah di masa mendatang.

Namun, perekonomian harus membayar mahal untuk hal ini. Suku bunga yang tinggi telah melemahkan investasi dan pertumbuhan ekonomi yang mengalami kesulitan selama hampir dua tahun. TIDAK

Sementara itu, data terbaru, termasuk produksi industri dan kredit perbankan, menunjukkan hal serupa dalam beberapa bulan mendatang.

Pasar tenaga kerja yang sangat tangguh kini mulai menunjukkan beberapa retakan, dengan tingkat kekosongan (atau pangsa lowongan relatif terhadap total) menurun dari angka tertinggi dalam sejarah.

Hal ini mendorong seruan ECB untuk melonggarkan kebijakannya sebelum terlambat.

“Sekarang kita menghadapi risiko baru: inflasi tidak mencapai target, yang akan meningkatkan tingkat pengorbanan karena berkurangnya lapangan kerja dan berkurangnya investasi.” “

Masalahnya adalah beberapa kelemahan ini disebabkan oleh masalah struktural, seperti tingginya biaya energi dan rendahnya daya saing, yang menghambat pertumbuhan Jerman, kekuatan industri di Eropa.

Masalah ini tidak dapat diselesaikan hanya dengan menurunkan suku bunga, meskipun hal ini dapat membantu memberikan keuntungan dengan mengurangi biaya modal.

“Kita tidak bisa mengabaikan kendala pertumbuhan. Pada saat yang sama, kebijakan moneter tidak dapat menyelesaikan masalah struktural,” kata anggota dewan ECB Isabelle Schnabel.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel