BANGKOK Bisnis.com – Pasar keuangan Indonesia semakin menarik perhatian investor regional, termasuk Thailand. Lembaga keuangan Thailand memandang Indonesia sebagai salah satu pasar strategis di kawasan dengan potensi pertumbuhan yang besar.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, dan stabilitas politik memberikan peluang besar untuk ekspansi usaha di bidang keuangan.

Kitticart Petithat, wakil presiden senior cabang pengembangan bisnis dan kemitraan Kasikornbank, menyatakan optimisme mengenai ekspansi Kasikornbank di Indonesia dalam sebuah wawancara baru-baru ini. Dikatakannya, Indonesia memiliki daya tarik yang besar sebagai pasar tujuan ekspansi di kawasan ASEAN, terutama karena memiliki potensi ekonomi dan ukuran pasar yang lebih besar dibandingkan Thailand.

“Kami melihat banyak peluang di Indonesia, bukan hanya karena kami ingin mengembangkan bisnis di tingkat regional, tetapi juga karena data dan penelitian menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan di kawasan ASEAN, dan khususnya di Indonesia,” Kittica, Rabu (16 Oktober). 2024) Dikatakan secara khusus).

Ia menegaskan, Indonesia memiliki banyak keunggulan yang menarik bagi lembaga keuangan Thailand. Bagi Kasikornbank, stabilitas politik, potensi sumber daya alam, serta pertumbuhan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor utama yang membuat Indonesia menarik.

“PDB (produk domestik bruto) Indonesia tiga kali lipat dari Thailand. Bank terbesar kedua di Indonesia, seperti BCA, hampir sebesar Kasikornbank milik Thailand, dan mungkin lebih besar lagi,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, potensi besar Indonesia belum sepenuhnya bisa diwujudkan melalui lembaga keuangan lokal. Hal ini menunjukkan bahwa pasar domestik Indonesia mempunyai kapasitas yang terbatas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Kami melihat ini sebagai peluang, bukan untuk bersaing, tapi untuk bekerja sama mendukung perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, Kittichart menyoroti kekuatan Kasikornbank dalam layanan perbankan digital dan usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai salah satu strategi utamanya. Bank Dunia berencana untuk memainkan peran aktif dalam sektor inklusi keuangan di Indonesia, khususnya dalam mendorong transaksi lintas batas negara dan mendukung usaha kecil dan menengah.

“Kami fokus pada perbankan digital dan UKM dan itulah yang akan kami bawa ke Indonesia. Kami telah melihat peningkatan transaksi perdagangan lintas batas antara Thailand dan Indonesia dan ini merupakan area di mana kita dapat saling mendukung,” jelasnya. .

Ia mengatakan, fokus pengembangan bisnis Kasikornbank saat ini adalah digital banking. Dunia usaha juga melihat peluang yang muncul dari munculnya kecerdasan buatan (AI).

Sementara Kasikornbank telah mengambil langkah awal untuk berekspansi ke Indonesia melalui kemitraan dengan Maspion Bank. Mereka telah meningkatkan kepemilikannya di Kasikornbank selama dua tahun terakhir, dengan keyakinan bahwa kombinasi keahlian dan teknologi lokal Kasikornbank akan mempercepat pertumbuhan di Indonesia. Peran KBRI di Thailand

Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman juga menyoroti pentingnya peran KBRI dalam mendorong ekspansi lembaga keuangan Thailand di Indonesia. Ia menegaskan, diplomasi ekonomi mempunyai peran penting dalam memberikan informasi yang jelas dan transparan kepada investor.

“Kami memberikan sebanyak mungkin informasi kepada calon investor tentang potensi Indonesia dan juga menjelaskan tantangan yang mungkin dihadapi. Saya selalu mengatakan bahwa uang itu seperti pengecut – begitu ada ketidaknyamanan, maka uang akan segera meninggalkan kita untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Indonesia adalah negara yang tepat. tempat berinvestasi yang aman dan stabil,” kata Rahmat.

Ia menambahkan, Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa, dengan jumlah penduduk lebih dari tiga kali lipat Thailand dan prospek pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan. Namun, investor harus siap menghadapi tantangan seperti biaya finansial yang tinggi dan tantangan hukum.

“Kami tidak menjual mimpi kosong. Kami menyampaikan kebenaran, termasuk tantangan perizinan dan permasalahan hukum, agar investor siap sepenuhnya,” kata Rahmat.

Dengan kerja sama yang erat antara lembaga keuangan Thailand dan Indonesia, kedua negara berharap dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan ASEAN.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel