Bisnis.com, JAKARTA – Kabar jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) akan dijabat internal Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendapat respons positif di kalangan pengusaha.

Salah satu nama yang ikut dalam putaran tersebut adalah Budi Santoso, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan. Senin (14/10/2024), Prabowo mengundang Budi Santoso ke Kertanegar. 

Meski belum diketahui secara pasti posisi apa yang akan diduduki Budi Santoso di kabinet Prabowo, namun namanya semakin sering disebut-sebut sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Zulkifli Hasan (Zulhas).

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno mengapresiasi Budi Santoso yang fasih dalam urusan bisnis, khususnya perdagangan luar negeri. 

Selain itu, Budi Santos juga dipercaya menduduki beberapa posisi, seperti Kepala Kantor Perdagangan dan Perekonomian Indonesia (KDEI) Taipei, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan.

“Yang dia mengerti terutama perdagangan luar negeri atau ekspor,” kata Benny kepada Bisni, Rabu (16 Oktober 2024).

Selain itu, Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga DPN Apinda Sarman Simanjorang menilai Budi Santoso akan menjadi sosok yang profesional dan mumpuni jika menjadi Menteri Perdagangan.

“Kalau dia jadi menteri, berarti itu jabatan karier di Departemen Perdagangan.” Artinya, dia sudah memahami inti tanggung jawab Kementerian Perdagangan, kata Sarman.

Sarman berharap ke depan, Kementerian Perdagangan di bawah kepemimpinan Budi Santos mampu lebih mengendalikan harga bahan pokok, menjaga pasokan dan permintaan, serta mendorong industri dalam negeri untuk menjadi tuan rumah di negaranya.

Sementara itu, Benny berharap Kementerian Perdagangan dapat mengambil langkah-langkah perdagangan yang tepat untuk melindungi industri dalam negeri, serta meninjau ulang seluruh perjanjian perdagangan dengan negara mitra dan memperluas negara mitra dagang.

Berdasarkan catatan dunia usaha, Budi Santoso bukanlah orang baru di Kementerian Perdagangan. Dia memegang banyak posisi di kementerian.

Tercatat pada 2022-2024, Budi menjabat Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perdagangan dan Perekonomian Indonesia (KDEI) di Taipei dan Kantor Keuangan Kementerian Perdagangan.

Kemudian pada tahun 2010, Budi Santoso menjabat sebagai Kepala Direktorat Ekonomi Kreatif Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dan diangkat menjadi Atase Perdagangan India. Selain itu, Budi saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komisaris Utama BUMN Pangan ID FOOD.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel