Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan dua seksi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) hari ini, Rabu (16 Oktober 2024). Pelantikan dilakukan pada H-4 sebelum ia resmi lengser pada 20 Oktober 2024.

Sedangkan dua ruas JTTS yang diresmikan Jokowi hari ini adalah Indrapura – Kisaran Seksi 2 Limapuluh – Ruas Kisaran (32,15 km) dan Betung (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino Seksi (34 kilometer). .

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan, jalan tol tersebut tidak akan dibangun secara eksklusif oleh pihak swasta dan akan dibiayai secara eksklusif oleh pihak swasta. Namun banyak juga jalan tol yang dibangun oleh BUMN dan juga melalui anggaran APBN.

Jokowi juga mengungkapkan, dua ruas tol dibangun dengan biaya investasi Rp 9,8 triliun. Rinciannya, pembangunan Tol Lima Puluh – Kisaran senilai Rp 4,2 triliun dan Tol Bayung Lencir – Tempino seksi 3 senilai Rp 5,6 triliun.

Seiring dengan selesainya ruas tol Limapuluh – Kisaran, maka tol Indrapura – Kisaran resmi terkoneksi penuh dan menelan total investasi Rp 6,2 triliun yang dibangun selama 6 tahun. 

Alhamdulillah, Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 km di Provinsi Jambi selesai hari ini dengan anggaran Rp 5,6 triliun setelah 2 tahun pengerjaan. Selain itu, hari ini kami juga meresmikan Tol Indrapura – Kisaran yang telah dibangun sejak tahun 2018 dengan nilai investasi Rp6,2 triliun, jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (16/10/2024).

Ke depan, kedua ruas tol ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu, kedua ruas JTTS ini juga diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang, orang, dan distribusi logistik sehingga setiap wilayah di Indonesia dapat bersaing dengan wilayah di negara lain, mengingat persaingan antar negara sangat ketat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan kehadiran kedua tol tersebut membuat waktu tempuh antar daerah lebih efisien hingga lebih dari 60%.

Tol Indrapura – Kisaran sendiri memiliki total panjang 56 km dan telah beroperasi sejak 15 Mei 2024. Waktu tempuh Medan hingga Kisaran yang biasanya sekitar 5 jam kini hanya 1,5 jam. Kisaran yang biasanya memakan waktu 2 jam dengan angkutan umum, kini hanya membutuhkan waktu 30 menit. Lalu dari Bayung Lencir ke Tempin yang semula 1,5 jam hanya memakan waktu 30 menit, jelas Budi.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel