Bisnis.com, JAKARTA – Kulit bagus adalah dambaan setiap orang. Namun tingkat polusi yang tinggi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit lebih cepat menua.

Dokter Spesialis Kulit RS Sardjito Yogyakarta, Dr. Flandiana Yogianti, mengungkapkan kulit itu sehat. terutama kulit wajah Kulitlah yang harus dirawat dengan baik. Tapi itu tidak selalu bersih.

Kulit yang sehat adalah kulit yang bekerja dengan baik dan dalam kondisi terbaiknya. Teksturnya lembut namun tidak keras. dan memiliki perubahan atau perasaan lembut

Namun, dalam kehidupan semua orang, kulit memang rentan mengalami masalah. Mulai dari komedo, jerawat atau gatal-gatal, flek hitam, peradangan hingga kerutan.

Karena itu adalah bagian terbesar dari tubuh.

Masalah kulit keriput biasanya terjadi sebagai bagian dari proses penuaan seiring bertambahnya usia. Kerutan terjadi ketika produksi kolagen dan elastin pada kulit menurun. Hal ini membuat kulit menjadi kurang lembut.

Namun, tidak semua orang dengan usia yang sama bisa mengalami kondisi yang sama. Banyak faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi stabilitas kulit.

Dr. Flandiana mengatakan, banyak faktor eksternal antara lain sinar UV matahari dan polusi jika sinar matahari bersinar.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pelindung seperti tabir surya untuk mencegah kerusakan DNA pada kulit saat terkena sinar matahari. Yang terpenting adalah memperhatikan nilai SPF, jelasnya dalam wawancara dengan Kementerian Kesehatan. , Radio Kesehatan, Rabu 16/10/2024.

Sementara dari faktor internal, penyebabnya banyak. Yang pertama adalah dehidrasi karena terlalu banyak minum air, stres, dan kurang tidur. dan gaya hidup tidak sehat seperti minum alkohol dan merokok.

Selain itu, warna kulit juga mempengaruhi proses penuaan pada kulit. di Indonesia warna kulitnya berbeda-beda, dari sangat terang hingga sangat gelap.

Dr. Flandiana mengatakan: Semakin gelap kulit, semakin terlindungi dari penuaan. Karena mengandung banyak melanin. Hal ini mencegah kulit mudah rusak jika terkena sinar matahari.

Disarankan untuk mencegah penuaan dengan menggunakan produk perawatan kulit, minimal sinar matahari, sejak muda. dan menjaga kebersihan kulit sesuai jenisnya masing-masing

“Perhatikan gaya hidup Anda. Karena banyak orang yang bilang menggunakan produk perawatan kulit. Tapi kemungkinan besar mereka masih tidur atau masih minum-minum dan merokok,” jelasnya.

Sedangkan produk perawatan khusus penuaan atau anti penuaan kulit bisa digunakan mulai usia 30 tahun atau saat kulit mulai menunjukkan kerutan kecil.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA.