Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan negara PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) akan membuka penerbangan domestik dari Bandara Halim Perdanakusuma pada November 2024. 

Mengutip Instagram resmi Garuda Indonesia, penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma akan dioperasikan oleh armada Garuda Indonesia. Penerbangan tersebut akan memiliki tiga tujuan: Medan, Padang, dan Surabaya. 

Selain rencana pembukaan rute domestik baru, GIAA juga tengah menjajaki rute internasional baru. Jalur internasional ini disebut masih dalam penyelidikan. 

Sebelumnya dalam Berita Bisnis, Gilang Arioseno, Head of Interline Strategy and Support Garuda Indonesia, mengatakan rencana peluncuran rute internasional baru tersebut saat ini sedang dikaji.  

“Iya, beberapa rute internasional sedang dipelajari Garuda Indonesia. Gilang mengatakan pada Beautiful Indonesia Travel Fair 2024 di Jakarta, Jumat (10 April 2024): “Rencananya tahun 2025. Kami berharap GIAA dapat menambah jalur internasional.” 

Lebih lanjut Gilang menjelaskan, kajian tersebut mencakup pembukaan rute baru seiring dengan proses pengadaan armada baru. 

Sedangkan jika mengutip laporan keberlanjutan GIAA, upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan meningkatkan produksi baik dari segi jumlah armada maupun jumlah rute yang dilayani. 

Oleh karena itu, media fokus pada pembukaan rute baru, pembukaan kembali rute yang pernah dilalui sebelum pandemi, peningkatan frekuensi penerbangan dan informasi terkait penggunaan armada berkapasitas tinggi (wide).

Fokus utamanya adalah pada penerbangan domestik serta beberapa rute internasional yang dipilih secara selektif, kata manajemen, dikutip Selasa (15/10/2024). 

Sedangkan jumlah tujuan Garuda Indonesia pada tahun 2023 sebanyak 47 rute dengan 36 tujuan domestik dan 21 rute dengan 14 tujuan internasional.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel