Bisnis.com, Jakarta – Suplemen kolagen semakin populer di dunia kecantikan dalam beberapa tahun terakhir karena manfaatnya bagi tubuh. Lalu bagaimana cara terbaik mengonsumsinya?

Kolagen adalah protein penting yang penting untuk menjaga kekencangan, keremajaan kulit, dan kesehatan persendian. 

Dengan banyaknya produk kolagen yang tersedia, mulai dari suplemen hingga krim topikal, semakin sulit untuk mengetahui produk mana yang terbaik untuk kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Suplemen kolagen juga dengan cepat mendapatkan popularitas karena potensinya dalam meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan mobilitas sendi, dan memperkuat rambut dan kuku.

Kolagen yang tersedia secara komersial menawarkan manfaat seperti peningkatan hidrasi kulit, pengurangan pigmentasi, pengurangan kerutan, dan peremajaan kulit secara keseluruhan. 

Ada beberapa penelitian yang melacak peningkatan kolagen dan tripeptida dalam aliran darah setelah konsumsi kolagen, menunjukkan bahwa suplemen kolagen oral atau oral mungkin berhasil.

Times Entertainment mengutip bahwa, ketika dikonsumsi, kolagen dipecah menjadi asam amino, yang digunakan tubuh untuk menopang kulit, persendian, dan otot. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit bahkan mengurangi garis-garis halus.

Bagi mereka yang mencari manfaat komprehensif, termasuk kuku yang lebih kuat dan fungsi sendi yang lebih baik, suplemen kolagen dikatakan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, menjadikannya tambahan yang bagus untuk rutinitas kecantikan holistik.

Namun menurutnya Dr. Di antara suplemen kolagen oral, tidak semua kolagen diciptakan sama, kata Renita Rajan, dokter kulit bersertifikat. Dengan banyaknya proses ekstraksi kolagen, biasanya kolagen yang tersisa pada bubuk akhir biasanya sangat sedikit.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah menggunakan kolagen berdasarkan penelitian, karena biasanya telah diuji dalam penelitian pada manusia dan dosisnya dapat digunakan untuk menunjukkan hasil di kehidupan nyata.

Sebaliknya, krim kolagen topikal tidak memiliki dasar bukti yang kuat. Ada beberapa penelitian pendahuluan tentang krim kolagen, namun krim tersebut tidak mengandung lebih dari bahan aktif kulit lainnya seperti asam hialuronat atau retinol. 

Lalu bagaimana cara memanfaatkan kolagen agar berfungsi?

Pada dasarnya kolagen didapat dari ekstrak makanan seperti ikan atau tulang ayam dan sapi. Jadi tersedia secara alami dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut

Selain itu, suplemen kolagen bubuk dapat dikonsumsi dicampur dengan sesendok air untuk penyerapan yang lebih baik.

Selain mengonsumsi suplemen kolagen, pilihan makanan juga berperan penting dalam produksi kolagen. Mengonsumsi makanan kaya kolagen, seperti kaldu tulang, ayam, telur, daging merah, ikan, kerang, dan terutama buah jeruk dan beri, mendukung sintesis kolagen alami tubuh dan dapat meningkatkan hasil rutinitas perawatan kulit.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan saluran WA