Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia harus kehilangan bek senior Jordi Amat untuk menghadapi China dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia dipastikan absen melawan China pada laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (15/10/2024), Jordi Amat dipastikan absen.

Hal itu disampaikannya saat makan siang tim, Senin (14/10/2024) waktu setempat.

Jordi pamit meninggalkan Tim Garuda untuk fokus memulihkan cedera engkel yang dideritanya.

“Dengan berat hati saya harus meninggalkan tim lebih awal. Karena saya ingin fokus pemulihan lagi. Artinya saya tidak bisa bermain melawan China nanti,” kata Jordi Amat.

Jordi mengawalinya saat Timnas Indonesia bertemu Bahrain pada laga ketiga Grup C, Kamis (15/10/2024).

Namun, pemain berusia 32 tahun itu hanya tampil selama 45 menit sebelum digantikan Rizky Rideau di awal babak kedua.

Jadi saat melawan China, kemungkinan besar Ridho akan diturunkan sebagai starter menggantikan Jordi.

Di posisi bek tengah, Timnas Indonesia bisa menggunakan formasi bek berkekuatan 3 seperti yang dimainkan melawan Bahrain dengan formasi 3-4-3.

Selain Ridh, jantung pertahanan Garuda juga akan ditempati pemain baru naturalisasi Mees Hilgers dan kapten tim Jay Iges.

Jika ingin bermain lebih menyerang, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-jong juga bisa memainkan formasi 4-4-2 atau 4-3-3 dengan 2 bek tengah Jay dan Mis.

Tempat yang ditinggalkan Amat bisa diisi untuk memberi kekuatan di lini tengah. Misalnya saja memainkan Nathan Tjoe-A-On dengan Ivar Jenner dan Thom Haye sebagai gelandang.

Formasi 4-4-2 dinilai cocok untuk mengimbangi China yang selalu menggunakan standar tersebut pada tiga laga sebelumnya di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, di posisi bek sayap atau bek kanan, Sandy Walsh juga mengalami cedera saat melawan Bahrain.

Sandi digantikan bersama Jordi pada awal babak kedua. Bedanya, cedera yang dialami Sandy tergolong ringan.

Pemain KV Mechelen berpeluang tampil sebagai starter. Namun jika Shin mau, Asnavi Mangkualam yang punya work rate tinggi juga bisa jadi pilihan.

Di posisi sebaliknya atau bek kiri, Calvin Verdonck kemungkinan besar akan tetap menjadi pilihan utama untuk memindahkan Shane Patinama dan Pratama Arhan ke bangku cadangan.

Untuk posisi gelandang, kombinasi Thom Haye-Ivar Jenner atau Thom Haye-Nathan Tjoe-A-On bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Di lini depan, 2 pencetak gol ke gawang Bahrain yakni Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick kemungkinan besar akan menjadi starter.

Untuk sisa satu posisi di sektor sayap, bisa diperebutkan 3 pemain yakni Malik Risaldi, Marcelino Ferdinand, atau Vitan Sulaeman.

Terakhir di lini depan, Timnas Indonesia hampir pasti akan kehilangan kiper Dallas, Marten Paes, yang dikeluarkan dari lapangan.

Paes bermain cukup baik saat melawan Bahrain, menggagalkan beberapa peluang di menit-menit terakhir.

Penjaga gawang berusia 26 tahun itu juga diyakini telah menghadiri konferensi pers jelang pertandingan, mengisyaratkan sang pemain akan terlibat. Berikut perkiraan susunan pemain China melawan Timnas Indonesia

Tiongkok (4-4-2): Wang Dalei; Hu Hetao, Jiang Guangtai, Jiang Shenglong, Li Lei; Xie Venneng, Wang Shangyuan, Li Yuanii, Wei Shihao; Fei Nanduo, Zhang Yuning.

Pelatih: Branko Ivanković

Indonesia (3-4-3): Maarten Paes, Jai Idzes, Rizki Ridho, Mees Hilgers; Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haie, Sandi Walsh; Marcelino Ferdinand, Ragnar Oratmangoen, Rafael Štruik.

Pelatih: Shin Tae-jong

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan VA Channel