Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti turut hadir di kediaman Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Selasa ( 15). . /10/2024). 

Dalam keterangannya usai bertemu dengan Prabowo, Diana mengaku diminta membantu pemerintahan selanjutnya dengan menjadi pembantu presiden di bidang infrastruktur.  

Sekadar informasi, Diana sendiri menjabat sebagai Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian PUPR sejak Desember 2020. Profil Diana Kusumastuti

Diana lahir di Surakarta pada tahun 1967. Selain menjabat sebagai Direktur Jenderal Perumahan Hak Asasi Manusia, Diana juga menjabat sebagai Komisaris PT Brantas Abipraya (Persero). 

Ia resmi menjabat sebagai Komisaris Brantas Abipraya pada 31 Januari 2023 sesuai perintah Menteri BUMN nomor SK-19/MBU/01/2023.

Dari segi pendidikan dasar, Diana mempelajari program teknik. Dimana beliau memperoleh gelar Sarjana Arsitektur dari Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 1991.

Dian kemudian memperoleh gelar Magister Teknik Studi Pembangunan dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004.   

Diana yang merupakan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian PUPR aktif dalam pengembangan beberapa bidang pembangunan. Salah satunya adalah proyek besar pembangunan daerah di Ibu Kota Negara (IKN) kepulauan tersebut. 

Pada tahun 2023 saja, Ditjen HAM akan mengucurkan anggaran sebesar Rp10,38 triliun kepada IKN. Mulai dari pembelian di sektor air minum IPA, hingga jaringan pipa air minum (SPAM) Seku, serta sanitasi di sistem IPAL dan TPST. 

Kemudian, dalam kegiatan pengembangan kawasan perumahan, Kementerian PUPR akan melaksanakan pengembangan IKN Indonesia khususnya pada Kawasan Dasar Pemerintahan Pusat dan penataan poros nasional.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel