Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap rencana pemisahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Teknologi tidak mempengaruhi target pertumbuhan ekonomi yang dipatok Presiden terpilih Prabowo Subianto sebesar 8%.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan pihaknya telah menyiapkan banyak syarat agar proses peralihan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berjalan lancar.

“Tadi saya ditanya Pak Airlangga, saya bilang tidak akan mengganggu bapak/ibu karena semua sudah kami persiapkan dan harus kami lakukan,” kata Sandiaga dalam jumpa pers di Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (14/14). ). ) 10/2024).

Sindiaga mengatakan, ada dua syarat yang disiapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pertama, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif masih dalam satu layanan. Kedua, keadaan Departemen Pariwisata dan Ekonomi Teknologi dipecah menjadi Departemen Pariwisata dan Departemen Ekonomi Teknologi.

Organisasinya telah memisahkan gedung-gedung yang akan digunakan oleh kedua departemen tersebut. Sindiaga mengatakan, Menara Merdeka nantinya akan diisi oleh Departemen Ekonomi dan Teknologi dan Sapta Pesona oleh Departemen Pariwisata.

“Semua perwakilan harus menyesuaikan, semuanya sudah kami siapkan,” ujarnya. 

Sandiaga menilai rencana pemisahan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dilakukan secara matang oleh Prabowo Subianto. Selain itu, pembagian ini didasarkan pada keputusan-keputusan pokok. 

Sementara itu, pemberitaan mengenai diversifikasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif semakin mendapat momentum. Bahkan, Sandi kerap ditanya pendapatnya mengenai keberadaan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

“Kabar terkini ini sepertinya informasi yang saya terima dan juga ada pertanyaan dari banyak pemimpin yang terbelah seperti tahun 2014-2019 saat kita di Bekraf,” ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintahan baru dikabarkan akan memiliki 46 menteri. Ada sejumlah cabang yang tercipta sebagai hasil penggabungan atau pemisahan cabang-cabang sebelumnya. 

Salah satu departemen yang berbeda adalah Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dikatakan, pelayanannya terbagi menjadi Departemen Pariwisata dan Departemen Ekonomi Teknologi.

Dikatakannya, selain Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Departemen Koperasi dan Usaha Kecil Menengah juga terbagi menjadi Departemen Koperasi dan Departemen Usaha Kecil Menengah. Ada pula Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang terbagi menjadi Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Perumahan Rakyat.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA