Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu timnas China di babak ke-4 kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga tersebut rencananya akan dimainkan di Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa 15 Oktober 2024, kick-off pukul 19:00 WIB.

Ini menjadi ajang balas dendam bagi Timnas Garuda setelah lebih dari tiga dekade tak meraih kemenangan melawan timnas berjuluk Tim Naga tersebut.

Sepanjang sejarah, Indonesia dan China sudah bertemu sebanyak 17 kali. Namun, performa timnas kurang begitu bagus.

Dari 17 pertandingan, Garuda hanya menang tiga kali, imbang tiga kali, dan menderita 11 kekalahan melawan Tim Tirai Bambu.

Kemenangan terakhir timnas Indonesia terjadi pada 37 tahun lalu.

Saat itu, timnas yang dipimpin Berthier Matulapelwa mampu mengatasi perlawanan China dengan skor 3:1 pada 20 Februari 1987.

Di sisi lain, pertemuan terakhir Indonesia dan China terjadi pada laga kualifikasi Piala Asia 2015 tepatnya pada 15 November 2013.

Saat itu, Garuda harus unggul tipis 1-0 atas China berkat gol yang dicetak Wu Lei pada menit ke-45.

Saat ini Rizky Rideau dan kawan-kawan sedang mencari kemenangan saat bertemu di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

China saat ini berada di posisi terbawah Grup C setelah tiga kali kalah dalam tiga pertandingan dan belum meraih satu poin pun, sehingga justru membuat Indonesia berpotensi difavoritkan di laga kali ini.

Di atas kertas, statistik dan materi pemain Indonesia lebih unggul dibandingkan China, tempat tinggal para pemain liga lokal.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA