Bisnis.com, JAKARTA – Harga aset kripto Bitcoin telah melampaui harga saham dan emas selama periode Oktober 2024, mendukung indikasi yang berkembang bahwa prospek regulasi Amerika Serikat di sektor mata uang kripto akan membaik pasca pemilihan presiden mendatang.

Janji tersebut menambah optimisme yang terlihat selama jam perdagangan Asia, karena reaksi beragam terhadap stimulus terbaru Tiongkok mendorong spekulan untuk memburu saham mata uang kripto di negara tersebut.

Mengutip Bloomberg, Selasa (15/10/2024), aset digital terbesar ini naik menjadi $66.200 pada sesi pertama di Singapura, setelah naik 5,6% pada perdagangan kemarin. Tingkat harga ini mendekati rekor harga tertinggi Bitcoin selama dua minggu terakhir.

Sementara itu, harga Bitcoin naik sebesar 4% di bulan Oktober, mengalahkan indeks saham emas global sebelumnya.

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris pada hari Senin menjanjikan dukungan terhadap kerangka peraturan untuk mata uang kripto, sebuah posisi yang muncul di kalangan pria kulit hitam tiga minggu sebelum Hari Pemilihan. 

Sementara itu, saingan Harris dari Partai Republik, Donald Trump, telah merangkul industri aset digital dalam persaingan ketat untuk mendapatkan suara. Trump dipandang lebih pro-crypto dari kedua kandidat tersebut.

Komitmen Harris untuk mendukung kerangka kerja ini menyusul keluhan selama bertahun-tahun dari pejabat industri kripto bahwa pejabat AS telah memilih jalur regulasi melalui penegakan hukum daripada memberikan kejelasan. Mantan Presiden Donald Trump secara aktif mencari pemilih mata uang kripto selama pemilihan presiden saat ini dan mengambil beberapa tindakan terkait mata uang kripto.  

Noelle Acheson, penulis buletin Crypto Is Macro Now, mengatakan peningkatan tersebut sebagian besar didorong oleh pemilu, dimulai dengan kepemimpinan Trump dalam perkiraan pasar dan jajak pendapat, diikuti oleh semi-pernyataan – yang didukung oleh Harris.

“Saya belum melihat detail kebijakan kripto Harris, tetapi tampaknya tidak terlalu negatif dibandingkan pemerintahan Biden,” jelasnya.

Perkiraan pasar telah berubah dalam beberapa hari terakhir, memberikan Trump peluang menang yang lebih baik dibandingkan Harris.

Industri aset digital telah menjadi pemain berpengaruh dalam pemilihan presiden berkat sumbangan besar kepada komite aksi politik. Perusahaan Crypto mencari peraturan yang lebih bersahabat karena mereka menentang tindakan keras oleh Komisi Sekuritas dan Bursa, yang dipimpin oleh Gary Gensler.

Sementara itu, pertukaran mata uang kripto Mt. Gox yang bangkrut minggu lalu diundur satu tahun menjadi 31 Oktober 2025, batas waktu pembayaran kembali kreditor atas sisa asetnya, yang menurut perkiraan Arkham Intelligence adalah sekitar $2,9 miliar. Penundaan tersebut meredakan kekhawatiran tentang kelebihan pasokan dari kreditor yang mencoba menjual kembali Bitcoin.

“Perbaikan jajak pendapat Trump baru-baru ini memperkuat penerimaan pasar dan dampak positif dari kabar baik terhadap harga,” kata Benjamin Celrmajer, co-chief investment officer Magnet Capital. “Kabar baik seperti Mt. Gox, akan dianggap lebih positif.

Sementara itu, harga Bitcoin saat ini cenderung lebih tinggi di bulan Oktober setelah awal bulan yang lemah. Langkah saat ini juga menghasilkan peningkatan rata-rata sebesar 20% selama dekade terakhir, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

“Data historis menunjukkan bahwa kekuatan musiman bulan Oktober di pasar mata uang kripto biasanya mengarah ke paruh kedua bulan ini,” Sean Farrell, direktur strategi aset digital di Fundstrat Global Advisors LLC, mengatakan dalam laporan tersebut.

Sementara itu, Tiongkok sedang berusaha untuk menghidupkan kembali perekonomiannya, namun laporan kebijakan akhir pekan yang telah lama ditunggu-tunggu tidak merinci secara pasti berapa banyak stimulus fiskal yang akan diberikan pemerintah. Para ekonom tidak yakin bahwa para pejabat telah berbuat cukup banyak untuk mengatasi deflasi, dan reli di pasar saham Tiongkok yang mengejutkan dunia sudah mulai memudar.

“Pasar mungkin melihat stimulus Tiongkok yang mengecewakan sebagai berita positif bagi Bitcoin karena rotasi modal dari Bitcoin ke ekuitas Tiongkok sebelumnya dianggap berdampak pada harga mata uang kripto,” kata Caroline Mauron, salah satu pendiri Orbit Markets.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel