Bisnis.com, Jakarta – Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk segala ancaman verbal dan intimidasi terhadap wasit Ahmed Al Kaf dan asisten wasit yang bertugas pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Bahrain dan Indonesia.

Wasit Oman Ahmed Al Kaf dituding menghasut kontroversi saat laga Bahrain vs Indonesia, Kamis (10/10/2024).

Saat pertandingan memasuki menit ke-9, Ahmed Al-Kaf mencetak gol untuk keunggulan tim tuan rumah, mengalahkan waktu yang diberikan 6 menit.

Keputusan mencuri bola kedua dimanfaatkan Bahrain dan juga membuat Indonesia frustrasi karena bermain imbang 2-2.

Ahmed Al-Kaf menjadi sasaran kemarahan para suporter Timnas Indonesia yang kecewa dengan kegagalan Garuda meraih kemenangan.

Akun Instagram Ahmed Al Kaf langsung menghilang setelah dikritik habis-habisan oleh rekan senegaranya.

Asosiasi Sepak Bola Oman telah bersuara untuk melindungi wasit dari pelecehan verbal dan intimidasi.

“Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk penyerangan dan ancaman serta ancaman verbal terhadap wasit dan asisten wasit internasional Oman Ahmed Al Kaf menyusul pertandingan antara Bahrain dan Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026,” demikian pernyataan tersebut. Federasi Oman

Federasi Oman juga menyoroti penolakan langsung dari beberapa penggemar dan berbagai pemangku kepentingan atas perilaku mereka yang tidak berhubungan.

Mereka juga memperingatkan ancaman hukuman atas tindakan memalukan yang dilakukan orang-orang tersebut.

Oman menyatakan akan terus menjunjung tinggi profesionalisme, transparansi, integritas dan imparsialitas yang telah lama ditunjukkan oleh panel wasit Oman.

Mereka kemudian menempatkan wasit Oman di antara wasit elit Asia yang mendapat lisensi dari FIFA.

Federasi Oman juga menuntut agar FIFA dan AFC bertanggung jawab menegakkan peraturan keselamatan dan keamanan wasit.

Mereka juga berjanji untuk membantu pemerintah mencapai tujuan yang sama.

Asosiasi Sepak Bola Oman mengatakan: “Asosiasi Sepak Bola Oman telah menegaskan kembali dukungannya yang berkelanjutan terhadap Tim Wasit Oman yang dipimpin oleh wasit internasional Ahmed Al Kaf. Kami percaya pada kemampuan mereka dan menghargai kinerja mereka dan berharap mereka terus sukses dalam karir internasional mereka.” menulis. Penyataan

Akibat perselisihan tersebut, Ahmed Al Kaf diskors dari wasit pertandingan Liga Champions AFC 2024-2025 antara Al Ain dan Al Hilal.

Jurnalis Oman Khamis Al Balushi mengatakan pemecatan Ahmed dilakukan untuk melindungi hakim dari serangan publik dan media.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel