Bisnis.com, JAKARTA – Rachmat Pambudy menjadi salah satu orang yang dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta hari ini, Senin (14/10/2024). Rachmat diakui sebagai salah satu Komisaris Independen perusahaan kelapa sawit PT Nusantara Sawit Sejahtera Tbk. (NSSS).

Berdasarkan laporan tahunannya, pria berusia 64 tahun ini merupakan Komisaris Independen NSSS mulai tahun 2022. Rachmat diketahui menyelesaikan program doktor Studi Penyuluhan Pembangunan di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1999.

Selain menjadi komisaris NSSS, Rachmat diketahui pernah menjabat sebagai Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan IPB Jonggol pada tahun 1990 hingga 1995, Direktur Pusat Penelitian Pengembangan IPB pada tahun 1995 hingga 2000, dan CEO PT Gendhis Multi Manis. Pada tahun 2016-2018.

Rachmat juga diketahui menduduki jabatan yang sama sebagai Pejabat Struktural Departemen Pertanian sejak tahun 2004 dan Wakil Ketua Dewan Pembina Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sejak tahun 2015 hingga 31 Desember 2024.

Lalu Rachmat juga menjabat sebagai Pendiri dan Dewan Pakar LSM Komite Pengendalian dan Pengawasan Pertanian (KP3I) serta Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) sejak tahun 2016.

Rachmat diketahui tidak memiliki ketertarikan pada NSSS hingga akhir tahun 2023. Rachmat juga diketahui tidak memiliki hubungan atau hubungan keluarga dengan komisaris atau direksi NSSS lainnya.

Sementara itu, Rachmat masih enggan menjelaskan peran yang diberikan Prabowo di kabinet baru. Menurut dia, biarlah Prabowo yang mengumumkannya.

Ia masih belum mau membeberkan permasalahan apa saja yang dibicarakan dengan Prabowo dalam pertemuan tersebut. Dia meminta masyarakat menunggu pernyataan Prabowo.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel