Bisnis.com, JAKARTA – Bank Mandiri terus memperkuat perannya sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai dengan menjalin kerja sama strategis dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi katalis dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia dengan menyediakan layanan perbankan yang lengkap, mulai dari pengelolaan dana, layanan perbankan atau pembiayaan, dengan menggunakan layanan keuangan Mandiri Group.

Sementara itu, kerja sama tersebut diresmikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Rudi Heriyanto Adi Nugroho dan Wakil Direktur Bank Mandiri Alexandra Askandar serta disaksikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti. Wahyu Trenggono didampingi pejabat Eselon 1 Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Senin (14/10).

Wakil Direktur Bank Mandiri Alexandra Askandar menjelaskan kemitraan ini merupakan langkah nyata Bank Mandiri dalam memberikan solusi keuangan yang lebih luas bagi berbagai sektor perekonomian di Indonesia. Secara khusus, sektor kelautan dan perikanan mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional.

“Kami menyadari bahwa sektor perikanan, baik skala kecil maupun besar, memerlukan akses yang lebih mudah terhadap layanan keuangan yang dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing. Melalui sinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, kami berharap dapat memberikan solusi perbankan yang tidak hanya menguat. sektor ini tidak hanya dari segi finansial, namun juga mengedepankan adopsi teknologi dan praktik berkelanjutan di lapangan,” jelas Alexandra dalam sambutannya.

Selain itu, bank berlogo pita emas ini tidak hanya berhenti pada aspek finansial saja, namun juga mencakup edukasi dan literasi keuangan bagi para pelaku di bidang kelautan dan perikanan. Melalui program pelatihan dan inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Bank Mandiri berkomitmen untuk turut serta dalam pemberdayaan nelayan, petani komersil, dan UMKM di sektor kelautan.

“Kami menyadari pentingnya investasi infrastruktur dan teknologi perikanan untuk mendukung pengembangan sektor ini. Oleh karena itu, Bank Mandiri siap mendukung inovasi teknologi kelautan yang ramah lingkungan, pengelolaan limbah perikanan secara berkelanjutan, serta pengembangan perikanan. pasar produk perikanan lokal harus lebih kompetitif di pasar internasional,” ujarnya.

Alexandra percaya bahwa dengan bekerja sama, ke depan akan lebih banyak inisiatif dan peluang untuk mempercepat pertumbuhan sektor perikanan dan ekonomi biru di Indonesia.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA