Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga kesehatan kantong empedu penting karena berfungsi mengeluarkan dan membantu memecah lipid.

Di sisi lain, pola makan yang kaya akan makanan tidak sehat dapat menyebabkan pembentukan batu empedu, yang dapat mengeraskan batu empedu dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa serta masalah lainnya.

Untuk menjaga kondisi kandung empedu kita tetap baik dan mencegah terbentuknya batu empedu, kita perlu memperhatikan apa yang kita makan. Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan batu empedu: 1. Makanan kaya lemak dan digoreng

Makanan kaya lemak gorengan dan tidak sehat, seperti makanan cepat saji, camilan olahan, dan daging goreng, dapat menyebabkan masalah kandung empedu.

Makanan ini sulit dicerna dan dapat membebani kantong empedu sehingga menyebabkan peradangan.

Batu empedu, yang terjadi ketika terlalu banyak kolesterol dalam empedu, juga bisa menyebabkan kandungan lemak yang tinggi. 2. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula

Asupan gula yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko pembentukan batu empedu. Makanan manis dapat mengganggu keseimbangan garam empedu dan kolesterol sehingga menyebabkan batu empedu.

Pola makan kaya gula sering kali berkontribusi terhadap penambahan berat badan, yang diketahui merupakan faktor risiko penyakit kandung empedu. 3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan pasta kekurangan serat dan nutrisi penting. Pola makan tinggi karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko batu empedu, menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin, yang dapat merusak sistem empedu. 4. Daging olahan

Daging olahan, seperti daging beku, mengandung banyak lemak tidak sehat dan bahan pengawet. Makanan ini dapat membebani kantong empedu dan meningkatkan kemungkinan pembentukan batu empedu.

Natrium yang tinggi pada daging olahan dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan pada kandung kemih 5. Produk susu murni.

Produk susu berlemak dapat menyebabkan masalah pada kantong empedu. Susu berlemak, keju, dan es krim dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam empedu sehingga dapat memicu pembentukan batu empedu.

Meskipun produk susu merupakan sumber penting kalsium dan nutrisi lainnya, memilih produk rendah lemak atau bebas lemak dapat membantu melindungi kantong empedu. 6. Minuman beralkohol dan berkafein

Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang tidak berbahaya bagi semua orang, alkohol berlebihan dapat menyebabkan penyakit kandung empedu dan pembentukan batu.

Hal ini dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang mempengaruhi komposisi empedu. Minuman berkafein, terutama yang diberi tambahan gula atau krim, bisa menimbulkan masalah jika dikonsumsi berlebihan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel