Bisnis.com, JAKARTA – Makan lebih sedikit tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tapi juga membantu Anda hidup lebih lama.

Hal ini terungkap dalam penelitian terbaru di mana sekitar seribu tikus diberi makanan rendah kalori dan tidak makan secara teratur. Pola makan seperti itu menyebabkan penurunan berat badan dan perubahan metabolisme.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pola makan dapat memperpanjang umur. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja pola makan, para peneliti melacak kesehatan dan umur 960 tikus dengan genetika dan populasi berbeda. Tikus-tikus ini diberi makanan dengan kalori terbatas, dipuasakan sebentar-sebentar, dan sisanya diperbolehkan makan ad libitum.

Natural.com pada hari Jumat, 2024 pada 10 November, melaporkan bahwa tikus yang diberi diet menunjukkan perubahan metabolisme positif, termasuk berkurangnya lemak tubuh dan gula darah.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diingat. Gary Churchill, ahli genetika tikus dan peneliti senior di Jackson Laboratory di Bar Harbor, mengatakan perubahan metabolisme itu penting tetapi tidak serta merta meningkatkan umur.

Menurutnya, pembatasan pola makan, perubahan metabolisme, dan angka harapan hidup tidak selalu saling berhubungan. Pasalnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang mengalami penurunan berat badan paling banyak dengan diet terbatas kalori meninggal lebih muda dibandingkan tikus yang mengalami penurunan berat badan lebih sedikit.

Churchill mengatakan bahwa efek terhadap kesehatan dan umur panjang tidaklah sama, dan faktor terpenting yang memperpanjang umur adalah sifat-sifat yang berhubungan dengan kesehatan kekebalan tubuh dan fungsi sel darah merah. Churchill juga mengemukakan bahwa kematian tikus yang cepat mungkin disebabkan oleh stres akibat kekurangan makanan.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut clevelandclinic.org: – Jaga pola hidup sehat dengan olahraga teratur – Makan makanan seimbang dengan banyak buah dan sayur – Tidur yang cukup untuk mencegah penyakit sistem kekebalan tubuh – Tetap up-to- tanggal kemajuan informasi. dalam vaksin untuk melawan virus yang menyerang tubuh

Ingat, tidak ada cara langsung untuk memperpanjang hidup. Semuanya dimulai dengan gaya hidup sehat. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan memiliki efek berbeda terhadap kesehatan dan umur panjang, namun gaya hidup seimbang tetap menjadi cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lihat Google Berita dan berita serta artikel WA lainnya