Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan penyaluran kredit kepada industri manufaktur sebagai penggerak pertumbuhan kredit akan tumbuh hingga akhir tahun ini.

Kepala Pengawasan Perbankan OJK Dian Ediana Rey mengatakan industri pengolahan merupakan salah satu sektor ekonomi yang berkontribusi terhadap penyaluran kredit perbankan pada delapan bulan pertama tahun 2024.

“Per Agustus 2024, porsi kredit pada sektor ini mencapai 15% dari seluruh kredit perbankan, yang merupakan porsi kredit terbesar kedua pada sektor manufaktur,” ujarnya dalam tanggapan tertulis yang dikutip, Minggu (13/10/2024). 13 ). 2024).

Dian melanjutkan dari sisi pertumbuhan kredit, industri manufaktur juga mencatatkan tingkat pertumbuhan yang relatif kuat yaitu sebesar 8,15% year-on-year (y-o-y). Angka tersebut dinilai signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya meningkat sebesar 3,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, menurut Survei Orientasi Bisnis Perbankan (SBPO) OJK triwulan III 2024, sektor manufaktur dinilai menjadi pendorong pertumbuhan kredit, bersama dengan sektor intermediasi keuangan, serta sektor perdagangan besar dan eceran.

“Ke depan, credit spread pada sektor ini diperkirakan akan terus tumbuh dan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan kredit,” tutup Dian.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat industri manufaktur menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia berdasarkan sektor usaha pada triwulan II tahun 2024.

Deputi BPS Bidang Perimbangan dan Analisis Statistik Moh. Edi Mahmoud mengatakan, indikator industri manufaktur meningkat 3,95 persen dibandingkan tahun lalu. dan bulan keenam tahun ini sebesar 0,79 persen. pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,05 persen.

Peringkat berikutnya adalah sektor konstruksi yang kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 0,67%, sektor perdagangan – 0,63%, dan sektor telekomunikasi – 0,5% terhadap pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama.

“Produksi tumbuh karena adanya permintaan dalam dan luar negeri,” kata Eddy, Senin (5/8/2024) lalu.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel