Bisnis.com, JAKARTA – Skenario Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026 kawasan Asia meski “bingung” dengan Bahrain.

Laga Indonesia kontra Bahrain masih menjadi perdebatan. Seluruh suporter Indonesia dan PSSI merasa wasit tidak adil terhadap pertandingan tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berjuang keras melawan kepemimpinan pembalap Oman Ahmed Al Kaf pada laga melawan Bahrain di laga hari ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia, Kamis (10/10/2024).

Indonesia yang unggul 2-1 hingga menit terakhir harus merelakan kemenangan setelah Bahrain mencetak gol pada menit ke-90+9. menit.

Begitu gol kedua Bahrain tercipta, menjadi kontroversial karena wasit Ahmed Al Kaf hanya memberikan waktu tambahan 6 menit.

Keputusan arbiter kontroversial ini telah dilaporkan.

Namun meski ditipu Bahrain, Indonesia tetap bisa lolos ke kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia dengan penampilan seperti itu. Posisi timnas Indonesia adalah lolos ke Piala Dunia di Asia

Jika melihat aturan FIFA, tim terpilih 1 dan 2 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan langsung lolos ke putaran final.

Sebaliknya, negara peringkat 3 dan 4 akan kembali memasuki malam keempat kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kini tim peringkat 5 dan 6 harus berhadapan dan tidak lolos ke Piala Dunia 2026.

Jika melihat aturan tersebut, Indonesia masih berpeluang naik peringkat.

Sebagai informasi, Indonesia berada di peringkat kelima Grup C. Namun Garuda hanya terpaut 1 dari grup kedua dan keempat yakni Australia, Arab Saudi, dan Bahrain.

Dengan kata lain, jika di laga berikutnya Timnas Indonesia berhasil mengalahkan China, maka peringkat Shin Tae-yong bisa naik ke peringkat 2 atau 3 dan mendapatkan pertandingan sederhana.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel