Bisnis.com, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menub) Budhi Karya Sumadi mendukung pengembangan beberapa kawasan seperti apartemen dan bus keliling di sekitar fasilitas angkutan umum berbasis transit oriented development (TOD). 

Budhi Karyak mengatakan, rencana titik TOD dan apartemen harus dibangun sedemikian rupa sehingga mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Selain membangun rusun, konsepnya juga berkelanjutan. Kalau rusunnya ada, langsung turun kereta, langsung ke pusat kota, kata Budi Kyar saat memberikan sambutan di Stasiun Jurangmangu, Sabtu (10/12/2024). ). 

Presiden baru terpilih Prabowo Subanto mengatakan konsep angka TOD akan terus berlanjut. Ia juga mengaku banyak TOD yang bisa dikembangkan. 

Menurutnya, TOD merupakan sebuah kebutuhan yang menjadi penghubung transportasi massal. Dia mencontohkan PTJaya Reality Property TBK yang sudah menyediakan bus keliling di kawasan Stasiun Jurangmangu. (JRPT) sebagai pengembang. 

“Iya, saya usulkan pengembang lain pakai [bus keliling] yang sama, karena dari rumah ke stasiun tidak masalah dan parkirnya tidak banyak,” ujarnya. 

Meski demikian, Deputy General Manager JRPT Yohannes Hengqi Vijaya mengatakan kemungkinan pembangunan apartemen di sekitar stasiun harus mempertimbangkan permintaan masyarakat. 

Menurut dia, permintaan rumah yang tinggi pun kini semakin berkurang. Namun dia mengapresiasi ketergantungan masyarakat terhadap misi Jokowi dan Prabowo untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. 

“Kami memantau perkembangan kebutuhan perumahan masyarakat,” kata Hengky, Sabtu (12 Oktober 2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel