Bisnis.com, Jakarta – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia atau UI menyerahkan Penghargaan Virakarya Adhitama kepada Soedradjad Jiwandono, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) dan ipar Presiden terpilih. Prabu Subianto.

Penghargaan tersebut diberikan FEB UI karena Sodarajad dinilai berdedikasi di bidang akademisi dan berperan aktif dalam proses pengambilan kebijakan perekonomian di Indonesia.

Gubernur BI periode 1993-1998 menyampaikan rasa syukurnya dengan berhasil meraih penghargaan tertinggi di dunia akademik khususnya dari FEB UI.

Dikatakannya di FEB UI, Sabtu (12/10/2024), “Pengalaman luar biasa yang akan selalu dikenang dan dibanggakan, penghargaan tertinggi dalam dunia akademik.”

Ia kemudian mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang terlibat dalam penghargaan yang diterimanya, mulai dari rekan-rekan dosen, keluarga hingga mahasiswa bimbingannya.

Kakak laki-laki Prabowo Subianto itu pun mengaku kerap senang ketika ada mantan mahasiswa yang meminta Sodrjad ikut menyiapkan kata pengantar buku yang akan diterbitkan.

Selain itu, ia merasa bangga dan bersyukur menjadi seorang guru besar, melihat murid-muridnya mampu menerapkan apa yang diajarkannya. Menurutnya, itu merupakan suatu kesenangan yang tidak dihargai.

“Suatu kebanggaan tersendiri jika setiap alumni meminta saya untuk menulis kata pengantar dari buku yang mereka terbitkan. Uang tidak bisa mengukurnya,” imbuhnya.

Ia juga mencatat bahwa ia telah menerbitkan banyak buku sepanjang hidupnya, baik secara individu maupun sebagai penulis bersama. Buku-buku terbitan Soyrajad pada dasarnya membahas tentang perekonomian dan pembangunan nasional.

Sementara itu, Sodarajad mengaku lebih tertarik pada politik dibandingkan ekonomi di masa tuanya.

“Maaf kalau sudah tua, pindah dari persoalan ekonomi ke persoalan politik karena itu lebih seru,” ujarnya.

Ketua Majelis Guru Besar FEB UI Bambang Brodjonegoro mengatakan Sodarajad merupakan sosok inspiratif sebagai ekonom dan guru besar.

Oleh karena itu, kata Bambang, pihaknya memberikan penghargaan kepada Wirakarya Adhitama karena memenuhi tiga syarat, yakni menjadi guru besar di FEB UI dan mempunyai jabatan strategis di pemerintahan Indonesia.

“Syarat pertama anda adalah guru besar di Fakultas Ekonomi, syarat kedua anda pensiun dari tugas dan pensiun sebagai guru besar. Nah, yang ketiga adalah jabatan tertinggi di pemerintahan Indonesia. Ngomong-ngomong, kita tahu bahwa Sodarajad adalah Gubernur BI,” kata Bambang.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel