Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan kereta ekonomi stainless steel generasi baru di KA Progo yang menghubungkan Pasar Senen-Lempuyangan (pp) mulai 15 Oktober 2024. 

Anne Purba, Wakil Kepala Humas KAI, mengatakan peningkatan kereta kelas ekonomi menggantikan kereta kelas ekonomi dengan kursi depan dan menjadi kereta ekonomi generasi baru dengan 72 kursi. Kereta Progo ini merupakan kereta api stainless steel ekonomis generasi baru yang dibeli dari INKA.

Pengoperasian tersebut sejalan dengan tujuan KAI untuk mengubah 60 gerbong kereta ekonomi yang berdiri di Balai Yasa Manggarai menjadi kereta ekonomi generasi baru versi modifikasi. KAI bekerjasama dengan INKA akan membeli total 91 kereta ekonomi generasi baru.

Anne menjelaskan, kursi kereta ekonomi generasi baru ini merupakan Captain’s Seat dan menambah kenyamanan pelanggan kereta api dalam perjalanan jauh.

Peningkatan kenyamanan ini disebabkan karena kereta ekonomi generasi baru memiliki desain tempat duduk yang ergonomis, dilengkapi fungsi reclining dan dapat diatur arah kecepatan kereta atau menghadap (berputar).

Peningkatan layanan kereta api kelas ekonomi ini merupakan wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan pelanggan guna terus meningkatkan pelayanan dan pengalaman pelanggan. Sehingga tetap relevan dan adaptif terhadap perkembangan dan profil pelanggan saat ini. ,” kata Anne 2024 dalam keterangan resmi, Sabtu, 10 Desember. 

Interior kereta ekonomi generasi baru didesain serupa dengan kereta eksekutif, dengan bentuk bodi dan nuansa interior yang lebih terasa, dengan aksen kayu pada jendela sehingga menimbulkan kesan klasik dan elegan.

Tak hanya itu, toiletnya juga dilengkapi tempat duduk yang dilengkapi wastafel dan pengering tangan. Selain itu, terdapat tempat ibadah di kereta yang telah dipugar. 

Sebelumnya, KA Ekonomi generasi baru KAI versi modifikasi adalah KA Logava dengan Purwokerto-Jember (xx), KA Menore dengan Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng (xx), KA Jaka Tingkir dengan Purwosari-Pasar Senen (xx diluncurkan dengan kereta). . pp), KA Jayabaya sambungan Pasarsenen – Malang (pp), KA Gaya Baru Malam Selatan sambungan Pasarsenen – Surabaya Gubeng (pp), KA Blambangan Express sambungan Semarang Tawang Bank Jateng – Ketapang (pp), KA Banyubiru sambungan Semarang Tawang Bank Jateng. – KA Hubungan Solo Balapan (xx), KA Hubungan Majapahit Pasarsenen-Malang (xx), KA Lodaya Hubungan Solo Balapan-Bandung (xx).

“KAI akan meningkatkan kenyamanan perjalanan kereta api. Kami berharap terjadi peningkatan minat menggunakan angkutan kereta api umum yang aman, nyaman, andal, dan tepat waktu,” pungkas Anne.

Periksa Google Berita dan berita serta artikel WA lainnya