Bisnis.com, JAKARTA – Sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari di seluruh dunia, hampir pasti setiap generasi mengenal salah satu klub sepak bola raksasa.

Dikutip dari WorldAtlas, Sabtu (12/10/2024) Olahraga sepak bola memiliki 4 miliar penggemar di seluruh dunia. Oleh karena itu, kecurangan yang terjadi dalam pertandingan tentu menarik perhatian publik internasional.

Berkali-kali skandal tersebut bahkan merenggut nyawa baik pemain maupun fans. Biasanya skandal yang terjadi di dunia sepak bola juga berbeda-beda: mulai dari pengaturan pertandingan, wasit yang korup, anarki penggemar, pelanggaran aturan transaksi pemain hingga rasisme. Inilah lima skandal sepak bola paling memalukan di dunia: 1. Pengaturan pertandingan semifinal UCL 2009 antara Barcelona dan Chelsea

Kualifikasi pertama muncul dari pertandingan dua raksasa Eropa 14 tahun lalu. Pada laga tersebut, wasit Tom Henning Ovrebo banyak mengambil keputusan yang menguntungkan Barcelona. Hal ini kemudian menarik banyak perhatian para pecinta sepak bola di seluruh dunia. 

Banyak yang menunjukkan bagaimana wasit Ovrebo menskors sejumlah pelanggaran yang dilakukan pemain Barcelona. Puncaknya adalah ketika Samuel Eto’o yang saat itu menjadi pemain nomor satu Barcelona gagal mengeksekusi penalti. Menurut Planet Football, hingga saat ini masih banyak fans setia klub London Biru yang membenci wasit Ovrebo.

Hingga saat ini Klub Barcelona terus dihantui bayang-bayang keruntuhan Klub, karena terbukti mengatur pertandingan senilai 7,5 juta euro untuk mantan wakil presiden komite wasit, José María Enríquez, antara tahun 2001-2018. . 2. Kalsiopolis

Urutan kedua datang dari skandal Liga Italia (Serie A) pada tahun 2006. Merupakan salah satu skandal pengaturan skor terbesar yang melibatkan raksasa Italia seperti Juventus, AC Milan, Fiorentina, Lazio dan Regina. 

Skandal ini terungkap melalui rekaman penyadapan telepon yang menunjukkan bahwa tim melakukan kontak dengan organisasi wasit untuk memenangkan pertandingan mereka. Sanksi ini menyebabkan pemilik klub, wasit, dan pejabat senior klub dilarang mengikuti pertandingan sepak bola. 

Pemilik Juventus dan Fiorentina bahkan divonis penjara dan 2 gelar Serie A Juventus dicabut. Hal ini pula yang menyebabkan banyak bintang memutuskan hengkang dari Serie A. 3. Rasisme dalam sepak bola.

Urutan ketiga ditempati oleh kasus rasisme, terutama menyerang aktor berkulit hitam dan berpenampilan Asia. Ini adalah kasus besar yang bahkan FIFA tidak bisa menyelesaikannya. Contoh yang paling banyak terdengar adalah rasisme yang terjadi di liga Inggris, Spanyol, dan Italia. 

Bintang yang terkena dampak rasisme ini antara lain Marcus Rashford, Son Heung Min, Bakayo Saka, Vinicius Jr dan Jadon Sancho dan masih banyak lagi. Meski begitu, penyelenggara seperti FIFA dan asosiasi sepak bola negara asal telah mengecam keras dan berulang kali menangkap pelaku rasisme yang dihukum dengan tidak boleh menonton sepak bola. 4. Skandal mafia yang melibatkan suporter sepak bola AC Milan dan Inter Milan

Bahkan, skandal terbaru dilakukan oleh ultra fans AC Milan yang diduga melakukan pelanggaran hingga berujung tindak pidana. Kegiatan ini juga diduga dipimpin oleh Lucca Luci, bos Curva Sud Lucca, yang terbukti memeras manajer bar di stadion San Siro untuk mendapatkan bir murah per botol. 

Kemudian Lucca dan orang-orangnya akan kembali menjual bir dengan harga tinggi.  Tak hanya itu, penyelidikan yang terus dilakukan juga mengungkap praktik tilang ilegal yang dilakukan Lucca. Baru-baru ini, para pemimpin Ultras AC Milan dan Inter Milan ditangkap pada akhir September lalu karena diduga terkait dengan geng kriminal Italia. 5. FBI melawan FIFA

Pada tahun 2015, FIFA diduga melakukan korupsi yang meluas dalam menentukan negara mana yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

Tuduhan ini dilontarkan pemerintah Amerika Serikat melalui FBI yang melakukan penyelidikan. Korupsi ini diduga dilakukan sejak awal hingga akhir penentuan negara-negara tersebut. 

Setelah surat perintah penggeledahan, polisi Swiss menangkap pejabat senior FIFA, COCACAF dan CONMEBOL. Kecurigaan ini muncul karena FIFA merupakan federasi yang tidak bertanggung jawab kepada siapapun sehingga proses di dalamnya tidak transparan. Insiden ini menarik perhatian dunia sehingga banyak yang mengkritik FIFA.

Inilah 5 skandal terbesar di dunia sepakbola. Indonesia sendiri sudah banyak mengalami kejadian serupa pada turnamen domestik yang sedang berlangsung. Faktanya, belakangan ini Indonesia kerap menerima kecurangan dalam beberapa pertandingan timnas yang dijalani hingga saat ini. (Memperkaya Samuel)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.