Bisnis.com, Jakarta – Setelah ditutup menguat di level 7.520,60 pada perdagangan akhir pekan ini, prospek Indeks Saham Gabungan (IHSG) sangat positif jelang pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Jumat (10/11/2024), IHSG menguat 40,52 poin atau 0,54% ke 7.520,60. Indeks Komposit membuka hari di 7,480.08 dan menyentuh level tertinggi 7,549.54.

Harga saham mengalami kenaikan sebanyak 323 saham, penurunan 228 saham, dan pengalihan 244 saham. Kapitalisasi pasar atau kapitalisasinya sebesar 12.567,94 triliun. Rp.

Sukarno Alatas, Kepala Riset Kiwoom Sekuritas Indonesia, mengatakan reli IHSG dipengaruhi reli teknikal karena level indeks berada di zona support. Peningkatan ini menjadi pertanda positif menjelang pelantikan presiden terpilih dan wakil presidennya. 

Menurut dia, prospek IHSG sangat positif, terutama untuk saham-saham yang terkait dengan janji kampanye Prabowo-Gibran. Salah satunya adalah rencana pembangunan 3 juta rumah dan penghapusan pajak rumah sebesar 16%. 

“Pemkot Prabowo akan menghapuskan pajak perumahan sebesar 16% selama satu tahun, yang mungkin berdampak pada peningkatan permintaan properti. Seperti diketahui, saat ini sektor properti mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (10/1). 11/2024). 

Berdasarkan data BEI, kebangkitan IHSG diikuti oleh perkembangan indikator sektoral. Kenaikan terbesar adalah indeks real estate yang naik 3,09%, indeks kesehatan naik 1,60%, indeks bahan baku naik 1,40% dan indeks infrastruktur naik 0,95%.

Sementara indeks saham BUMN juga menguat 0,74% menjadi 405,61 poin dengan volume perdagangan mencapai 789 juta dan nilai perdagangan mencapai 1,68 triliun. Rp. Harga 13 saham naik, 4 saham melemah, dan 3 saham stagnan.

Beberapa saham juga akan mendapat sentimen positif dari pembukaan Prabowo-Jibran pada 20 Oktober, kata Prasetya Gunadi, kepala riset Samuel Securitas Indonesia.

Menurut dia, saham-saham sektor konsumen bahan pokok seperti PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) dan PT Ultra Jaya Milk Industry Tbk. (ULTJ) akan mendapat manfaat dari pelantikan Presiden terpilih dan Wakil Presiden. 

Ia mengatakan, perasaan positif keduanya datang dari program makan gratis bergizi yang diusung Prabowo dengan susu sebagai salah satu menu utamanya.

“Ada potensi manfaat khususnya dari program makan bergizi gratis. “Jadi kami telah memasukkan beberapa tipe konsumen utama yang secara alami akan diuntungkan oleh ULTJ dan ICBP,” katanya, mengutip diskusi baru-baru ini. 

Pada periode Januari-Juni 2024, ICBP mencatatkan penjualan bersih produk susu senilai Rp5,03 triliun atau meningkat 3,44% year-on-year. Sedangkan ULTJ meraih penjualan minuman senilai Rp4,53 triliun, naik 4,90% year-on-year.

Samuel Sekuritas memberikan rekomendasi beli saham ICBP dengan target harga Rp 14.000 dan ULTJ Rp 2.700 per saham.

Prasetya menambahkan, saham-saham sektor perunggasan juga diperkirakan akan mendapat sentimen positif dari pembukaan oleh Prabowo Subianto. Saham favorit Samuel Sekuritas adalah PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA) dan PT Malindo Feedmill Tbk. (Dimainkan).

“Daging ayam akan menjadi sumber protein utama dan kami yakin penerima manfaatnya adalah JPFA dan MAIN sebagai unggulan teratas di sektor perunggasan,” kata Prasetya.

Untuk sektor perunggasan, Samuel Sekuritas memberikan rekomendasi BELI pada saham JPFA dengan target harga Rp 1.900 dan MAIN Rp 850. Saat ini, kedua saham tersebut masing-masing dibanderol Rp 1.490 dan Rp 775 per saham.

Dua saham terakhir yang dipilih Samuel Securitas adalah PT Intra Golflink Resorts Tbk. (GOLF) oleh Tommy Suharto, dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge terkait Hashim Djujahadikosumo, adik laki-laki Prabowo.

Menurut Prasetya, kedua saham tersebut akan diuntungkan menjelang pelantikan karena memiliki keterkaitan dengan presiden terpilih. Hal ini berpeluang memberikan sentimen positif dan merangsang minat beli investor yang mencari peluang terkait pemilu. 

“Ada yang punya koneksi terkait seperti GOLF dan WIFI, sehingga ada kemungkinan akan muncul sentimen positif dengan bangkitnya Prabowo,” imbuhnya.

Samuel Sekuritas memberi GOLF rating Beli dengan target harga Rp 260, sedangkan WIFI Rp 424 per saham. Harga saham GOLF saat ini Rp 220 dan harga saham WIFI Rp 276 per saham.

Penafian: Berita ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA