Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Gedung Pemerintah selesai tepat waktu. Namun peluncurannya tidak bisa dilakukan bersamaan dengan Istana Garuda.

Menurut dia, Istana Garuda meski merupakan bangunan penting di kawasan itu, namun tidak bisa hadir karena letaknya di ujung.

Jokowi mengatakan, peresmian Istana Garuda akan dilakukan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto periode 2024-2029 setelah pembangunannya selesai.

“Hari ini saya akan membangun Parlemen Negara yang pertama dan nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto,” ujarnya usai melantik Parlemen Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (11/10/2024).

Selain itu, negara ini juga mempunyai pandangan yang tinggi terhadap hasil akhir pembangunan yang dinilai berkualitas baik.

Dari segi kualitas, harus saya katakan, bagus. Finishingnya bagus, catnya bagus, bahkan detail getarnya bagus, ujarnya.

7. Presiden juga berharap kualitas bangunan ini juga dapat menunjang pelaksanaan kegiatan pemerintahan di ibu kota Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan gedung tersebut dirancang untuk mendukung banyak proyek besar yang membutuhkan ruangan besar dan representatif. 

“Kami berharap proyek-proyek besar pemerintah yang membutuhkan lahan luas dapat terlaksana di IKN,” ujarnya.

Presiden asal Surakarta ini juga menegaskan, tidak ada upaya percepatan pembangunan, namun semuanya berjalan sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk itu, Jokowi juga menekankan pada proses pembangunan. 

“Kita juga tidak mau terburu-buru, yang penting semuanya berjalan sesuai timeline yang kita sepakati,” pungkas Jokowi.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel