Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional RS Mayapada Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, pada Jumat (10/11/2024).

Jokowi meyakini kehadiran Mayapada Hospital Nusantara dapat mendorong para pegawai negeri sipil (ASN) dan masyarakat umum untuk pindah ke IKN.

Tetap menjadi peminjam nomor satu di Indonesia dan investasi ini juga dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk terjun ke bisnis di kota baru Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Saya bersyukur kontribusi Mayapada telah turut memberikan kepercayaan kepada ASN yang ingin pindah ke pulau tersebut, masyarakat yang ingin pindah ke pulau tersebut, dan kepada investor yang ingin menanamkan modalnya di ibu kota negara,” kata Jokowi.

Infrastruktur yang diresmikan Kepala Pemerintahan kali ini adalah rumah sakit yang dibangun oleh kelompok usaha Dato Sri Tahir, salah satu orang terkaya di Indonesia, dengan anggaran Rp 500 miliar. Rumah sakit ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Apollo dari India.

Di sisi lain, Jokowi kali ini membuktikan bahwa hakikat ekosistem di kota baru adalah hal yang menuntut kepercayaan investor terhadap penanaman modal di Indonesia.

Setidaknya, kata Jokowi, kehadiran gedung ini akan memberikan angin segar bagi investor untuk melihat pembangunan dari sudut pandang yang sehat, itulah pertanyaan yang banyak dilontarkannya.

“Setiap kali ada investor yang mau datang ke IKN, baik dalam negeri maupun luar negeri, selalu ada dua pertanyaan: ‘Pak, kalau saya pindah ke sini, apakah anak-anak akan ada di sini, apakah ada sekolahnya?’ Dengan kata lain, “jika saya pindah ke kota besar bersama anak-anak saya, apakah akan ada rumah sakit yang berkualitas jika mereka sakit seperti itu,” katanya.

Menurutnya, kehadiran fasilitas kesehatan dengan pelayanan berstandar nasional akan mendorong masyarakat untuk pindah ke IKN.

Jadi yang bisa saya jawab adalah RS Mayapada, RS Mayapada Nusantara yang kualitas pelayanannya bagus dan berstandar internasional, pungkas Jokowi.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel