Bisnis.com, JAKARTA – CEO Tesla Elon Musk resmi memperkenalkan RoboVan pada acara We Robot di Los Angeles, AS pada Kamis (10/10/2024) malam waktu setempat.

Robovan merupakan bus listrik tanpa pengemudi seukuran bus yang dirancang untuk mengangkut orang di kawasan padat penduduk. Menurut Musk, mobil ini mampu mengangkut hingga 20 orang dan mengangkut barang.

“Kami akan melakukannya dan RoboVan akan terlihat [seperti bus],” kata Elon Musk, Jumat (10/11/2024).

Robovan memiliki tampilan retro futuristik seperti bus dari Jetsons dan pemanggang roti dari tahun 1950. Mobil ini memiliki sisi berwarna perak dengan warna hitam dan garis halus sejajar dengan tanah di bagian samping dan pintu geser di tengah. 

Pada Robovan terdapat tempat duduk dan posisi berdiri dengan jendela yang dapat diputar sekelilingnya. Karena Robovan merupakan mobil tanpa pengemudi, maka mobil ini tidak memiliki mesin.

Meski Elon telah resmi mengumumkan RoboVan bersama Wee Robot, namun Elon belum mengumumkan harga RoboVan maupun tanggal rilis kendaraan tanpa pengemudi tersebut. 

Dia berkata, “Salah satu hal yang ingin kami lakukan adalah mengubah wajah jalan. Masa depan harus seperti masa depan, katanya.

Itu hanyalah prototipe pertunjukan Robovan hari Kamis dan tidak ada yang tahu seperti apa bentuknya atau kapan akan mulai dijual.

Karena Elon tidak berencana membangun fasilitas baru untuk mengoperasikan atau menampung CyberCabs atau RoboVans.

Meski memperkirakan mobil ini akan mulai berfungsi pada tahun 2026 atau 2027, Elon tidak banyak memberikan informasi mengenai program Robovan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan Jaringan