Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalin kerja sama strategis dengan PT Industri Kereta Api (INKA) melalui Maintenance Agreement (MSA) untuk pemeliharaan 31 kereta LRT Jabodebek. 

Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk menjamin kehandalan operasional LRT Jabodebek yang mengadopsi teknologi otomasi tanpa pengemudi yakni Degree of Automation (GOA) level 3. 

Ia juga mengatakan melalui MSA ini, kedua belah pihak berkomitmen untuk melaksanakan pemeliharaan yang terstruktur dan efisien.

“Kerja sama ini menegaskan komitmen KPA dalam menyediakan layanan transportasi umum yang andal dan berkelanjutan.” “KAI berupaya meningkatkan kualitas layanan dan menjamin kenyamanan pengguna selama menggunakan LRT Jabodebek,” kata Mahendro dalam keterangan resmi, Kamis (10/10/2024). 

Menurut Mahendra, kerja sama dengan PT INKA melalui MSA akan memungkinkan pemeliharaan LRT dilakukan secara maksimal sehingga memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna LRT Jabodebek. Ini merupakan langkah tepat untuk menjamin keandalan pengoperasian fasilitas transportasi umum. 

Dalam kerja sama ini, KPA akan mendapatkan layanan pemeliharaan menyeluruh, baik pemeliharaan terjadwal maupun perbaikan tidak terjadwal. 

PT INKA mempekerjakan pekerja bersertifikat untuk melakukan perawatan ini dan juga menyediakan suku cadang asli. 

Kerja sama ini tidak hanya bermanfaat bagi KPA, namun juga menunjukkan sinergi antara KPA dan PT INKA untuk peningkatan pelayanan publik. Keduanya mempunyai visi yang sama yaitu menyediakan transportasi yang efisien dan ramah lingkungan kepada masyarakat.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan VA