Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini Jumat (10/11/2024) Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Hermina di Ibu Kota Pulau (IKN) Kalimantan Timur.

Orang pertama di Indonesia mengatakan rumah sakit ini memiliki interior mewah layaknya hotel sekelas bintang 5.

“Dulu kalau saya lihat RS Hermina, viewnya memang bagus, interiornya berbeda dengan RS yang pernah saya lihat sebelumnya. Kayak hotel bintang 5,” ujarnya di YouTube Sekjen Presiden, pada Jumat (11/10/2024). ).

Ia mengaku kaget dengan pembangunan RS Hermina yang hanya memakan waktu sekitar 10 bulan. Faktanya, rumah sakit tersebut sudah berjalan.

“Saya sangat mengapresiasi kecepatan pembangunan RS Hermina. Hermina Nusantara yang praktis, dibangun dalam waktu sekitar 10 bulan dan sudah operasional serta siap menerima pasien karena sudah ada 3 pasien yang dirawat,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan peresmian rumah sakit ini juga menanggapi kekhawatiran ASN yang kelak kantornya akan dialihkan ke IKN.

“Hal ini memberikan kepercayaan kepada ASN yang akan segera pindah ke IKN karena gedungnya sudah siap dan kantornya akan siap pada bulan November,” tutupnya.

Sedangkan proyek RS Hermina Nusantara dibangun oleh PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) juga dimulai di IKN pada awal November 2023.

Investasi yang dikeluarkan penyedia berkode HEAL ini untuk pembangunan RS Hermina Nusantara sebesar Rp 650 miliar. Ke depan, Hermina Nusantara akan menjadi rumah sakit berstandar internasional yang mengusung konsep green and smart Hospital.  Untuk mendukung kiprahnya, Hermina Nusantara akan memanfaatkan berbagai energi terbarukan yang didukung dengan digitalisasi rumah sakit pintar.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel