Bisnis.com, JAKARTA – Prevalensi depresi di Indonesia mencapai 1,4 persen pada tahun 2023.

Di tengah hiruk pikuk kehidupan, seringkali kita nampaknya menghadapi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari dikejar-kejar sepulang kerja, bekerja di perguruan tinggi, mengatur dan menabung, hingga mengalami kecelakaan saat mengemudi di jalan raya – semua ini terkait dengan penyakit mental.

Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober merupakan momen untuk mengingat bahwa kesehatan mental harus diperhatikan terutama dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut 4 tips mengelola kesehatan mental agar terhindar dari depresi dan burnout  

1. Lakukan olahraga yang fokus pada kesehatan dan kesadaran

Yoga merupakan salah satu cara mengelola pikiran, karena aktivitas ini memadukan gerakan fisik dengan teknik pernapasan dan meditasi. Anda bisa memulai yoga dengan mempelajari yoga hatha atau yin yang berfokus pada pernapasan dan tubuh. Jika Anda ingin menantang diri sendiri, Anda bisa mencoba kelas Vinyasa atau Ashtanga. Namun, penting untuk diingat bahwa semua olahraga membantu kita mengelola stres. 

2. Atur waktu tidur

Kurang istirahat dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan umum Anda. Pastikan Anda tidur 7-9 jam setiap hari agar bisa bangun dengan segar. Hindari kebiasaan buruk sebelum tidur, seperti bermain mainan terlalu larut, minum kopi di malam hari, atau tidur siang yang lama.

3. Hiasi dan bersihkan ruangan

Kamar kecil yang bersih, nyaman dan enak dipandang dapat membuat Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri. Cobalah untuk mendekorasi ruangan Anda dengan tanaman hias, diffuser, gambar estetis, lampu malam, serta gunakan bantal dan selimut yang bagus.

Jangan lupa untuk segera mencuci sampah, pakaian kotor dan peralatan yang tidak terpakai, agar pikiran anda tidak terganggu. 

4. Bertemu dengan tetangga

Terkadang, curhat kepada orang terdekat – sahabat, kolega, pasangan atau keluarga – bisa meringankan beban hati kita. Dengan bercerita, Anda bisa mendapatkan perspektif berbeda dan kepastian yang dapat membantu Anda menavigasi perjalanan yang tidak nyaman. Namun, jangan ragu untuk segera mencari bantuan jika diperlukan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel