Bisnis.com, Jakarta – Timnas Indonesia patut berbangga dengan hasil imbang 2-2 melawan Bahrain di babak ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga Bahrain vs Indonesia di Bahrain National Stadium, Rifa, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB.

Pada menit ke-15, pemain tim tersebut unggul melalui gol tendangan bebas dan mampu memberikan gol pertama untuk timnas Bahrain.

Dalam panasnya pertandingan, Indonesia berhasil menyamakan skor di penghujung babak pertama. Memasuki babak kedua, Timnas Garuda kembali menambah skor namun sukses menyamai timnas Bahrain.

Wasit Ahmed Al Kauf memimpin pertandingan. Ketua Wasit tergolong wasit senior karena telah memimpin pertandingan internasional selama 14 tahun atau sejak 2008.

Namun, rekor panjang ini tidak lepas dari kontroversi.

Pada Maret 2024, Al Kauf menjadi wasit di lapangan pada pertandingan Liga Champions Asia antara Al Nasser vs Al Ain. Ia mengeluarkan 10 kartu dalam satu permainan dengan 9 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Keputusan kontroversial tersebut ia ambil saat menjadi wasit pertandingan Arab Saudi vs Thailand di Piala Asia U23 2020, ketika keputusan VAR-nya dianggap berpihak pada Arab Saudi yang memenangkan pertandingan tersebut.

Kontroversi kembali mengemuka pada laga Bahrain vs Indonesia. Al Kauf dipastikan tak meniup peluit meski sudah tiga menit perpanjangan waktu yang seharusnya lima menit.

Masalahnya, kesempatan itu dimanfaatkan timnas Bahrain untuk menyamakan skor. Ironisnya, setelah Marhoon mencetak gol kedua ke gawang Bahrain, Al Kauf langsung meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Profil Wasit Ahmed Al Kauf adalah sebagai berikut: Nama Lengkap: Ahmed Abu Bakar Said Al Kauf Tempat Lahir: Oman, 6 Maret 1983 Debut Karir: 2008, Penanggung Jawab Pertandingan Domestik Oman Lisensi FIFA: 2010, Pertandingan Resmi Internasional. Riwayat pertandingan: 114 pertandingan resmi dimainkan Total kartu yang dikeluarkan: 343 kartu kuning, 10 kartu merah

Lihat berita dan cerita lainnya di Google Berita dan Saluran WA