Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan investasi Ant Financial API (Hong Kong) Investment Limited menghilang dari daftar pemegang saham lebih dari 5% PT Bukalapak.com Tbk. (MEMBUKA). 

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 9 Oktober 2024, nama API (Hong Kong) Investment Limited sudah tidak terdaftar lagi sebagai pemegang saham lebih dari 5% di Bukalapak. Sehari sebelumnya, 8 Oktober 2024, API tercatat masih memegang 13,44 miliar saham BUKA dengan kepemilikan 13,04%. 

Kepemilikan API digantikan oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) dalam daftar pemegang saham KSEI terbaru. EMTK memiliki 10,68 miliar saham BUKA atau 10,36% saham. 

Seperti diketahui, transaksi crossover saham BUKA sebanyak 13,4 miliar lembar terjadi di pasar sehari sebelumnya. Berdasarkan riset Mandiri Sekuritas, pada Rabu (9/10/2024), ada 13,4 miliar saham BUKA atau setara 13% kepemilikan yang diperdagangkan di pasar perdagangan. 

Transaksi crossover ini terbagi dalam dua harga, yakni Rp 250 per saham untuk 3,6 miliar saham dan Rp 120 per saham untuk 9,8 miliar saham. 

Menurut Mandiri Sekuritas, jumlah kepemilikan tersebut setara dengan kepemilikan Ant Financial di BUKA. Mandiri Sekuritas menganggap ini sebagai pembersihan BUKA atau penjualan seluruh kepemilikan Ant Financial.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BUKA Cuts Fika Lutfi menjelaskan, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk melakukan pembelian sebanyak 9,83 miliar saham. (EMTK). 

Berdasarkan konfirmasi tertulis tertanggal 9 Oktober 2024, Emtek telah melakukan transaksi pembelian langsung saham perseroan sebanyak 9,83 miliar lembar saham atau mewakili 9,54% dari seluruh saham ditempatkan dan disetor, kata Cut Fika, Rabu. . (10.9.2024). 

Dia melanjutkan, EMTK semula memiliki 0,82% saham BUKA. Dengan pembelian tersebut, kepemilikan EMTK bertambah menjadi 10,36% saham. 

Terkait hilangnya nama API (Hong Kong) Investment Limited, PT Creative Media Karya yang merupakan anak perusahaan Emtek dan pengendali penuh BUKA saat ini memiliki lebih dari 5% BUKA, tidak termasuk EMTK di atasnya. 25,38 miliar saham. atau setara dengan 24,62% ​​kepemilikan. 

Kemudian pemegang saham lainnya adalah Archipelago Investment Pte Ltd dengan 9,73 miliar saham atau kepemilikan 9,44%. 

—–

Penafian: Postingan ini tidak dimaksudkan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel