Bisnis.com, JAKARTA – Saat jumpa pers timnas Indonesia, wartawan bertanya kepada pelatih Shin Tae-yong dan meninggalkan Calvin Verdonk soal latihan Garuda yang dinilai tidak penting.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengundang Calvin Verdonk untuk bergabung dengannya pada konferensi pers pralaga jelang laga Kamis melawan Bahrain (10/10/2024).

Shin dan Verdonk saat itu menjelaskan kondisi dan kesiapan Timnas Indonesia menghadapi Bahrain.

Pertanyaan aneh dari seorang jurnalis dilontarkan kepada perwakilan Liga Nasional Indonesia.

Para jurnalis mempertanyakan sesi latihan timnas Indonesia yang tak terlihat. Karena Anda melihat di internet para pemain tertawa saat berlatih.

Sikap para pemain pun dipertanyakan wartawan, mengingat laga terakhir melawan Bahrain berakhir dengan kekalahan 0-10 bagi Indonesia.

“Kita lihat di medsos Indonesia 10 hari atau dua minggu dua hari terakhir di Bahrain. Kita lihat timnas Indonesia latihan, ada videonya seperti latihan. Jadi pertandingan ini penting buat pemain, sejauh mana Saya tahu, persiapan Indonesia itu seperti merayakan dan tidak menonton pertandingan.”

Mendengar pertanyaan tersebut, Shin dengan bijak menjawab ingin memberikan energi positif kepada timnas Indonesia.

“Saya selalu mendorong para pemain untuk bersenang-senang selama latihan. Itu sebabnya mereka meningkatkan kekuatannya agar selalu memiliki performa dan kekuatan yang bagus,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers.

Nah soal skor 0-10, saat timnas Indonesia bertandang ke Bahrain pada 2012 lalu, Shin mengaku hanya mengetahuinya.

“Saya baru mendengar kebenarannya kemarin dan itu sudah berlalu,” kata Shin.

Selain jawaban Shin, pernyataan Calvin Verdonk juga dimuat di media untuk menjawab pertanyaan tersebut.

NEC Nijmegen sudah mendengar pertanyaan wartawan mengenai timnas Indonesia yang menurutnya tidak penting dan tidak fokus pada latihan.

Namun di akhir pertanyaan, pemain berusia 27 tahun itu melontarkan senyuman misterius yang seolah menjadi ancaman bagi Bahrain.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel