Bisnis.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat pada hari pertama Pameran Dagang Indonesia (TEI) ke-39 berhasil mendaftarkan 176 perjanjian perdagangan senilai sekitar US$15,2 miliar atau Rp237,23 triliun per dolar AS).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Mardiana Listioti mengatakan total 20 negara telah menandatangani 176 perjanjian perdagangan. 

“Target kita 15 miliar dolar AS. Saat ini sudah mencapai 15,2 miliar dolar AS, terus sampai hari terakhir,” kata Diana di sela-sela Trade Expo Indonesia (TEI) 2024, Rabu (9/10/2024). .tapi berkata

Kedua puluh negara tersebut antara lain Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Belanda, dan Filipina. Namun Diana belum bisa merinci nilai perjanjian dagang dengan masing-masing negara.

Diana mengatakan, perjanjian dagang yang ditandatangani antara importir asing dengan pelaku usaha Indonesia hasil transaksi TEI 2024 akan terus diawasi.

Selain itu, pihak juga harus memantau apakah kontrak bisnis telah selesai atau belum. Namun, ia yakin kesepakatan dagang yang telah ditandatangani sepenuhnya bisa dicapai.

Sedangkan TEI 2024 akan dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2024. Melalui pameran ini, Kementerian Perdagangan mengajak eksportir dalam negeri untuk turut serta memperluas jaringan perdagangan dan mengakses pasar global.

Mengusung tema “Membangun Hubungan Lebih Kuat Bersama Yang Terbaik dari Indonesia”, Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi sebesar USD 15 miliar dari 1.000 peserta. Pameran tahunan ini akan dihadiri oleh 5.000 pembeli dari seluruh dunia serta 30.000 pengunjung dalam dan luar negeri.

Pameran terbesar di Indonesia ini terbagi dalam tiga sektor produk yaitu makanan, minuman, dan produk pertanian; produk jadi; serta kehidupan rumah tangga, mode dan jasa. 

Selain pameran, TEI ke-39 ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti business match, konsultasi bisnis, seminar internasional, live demo, hingga Buyer’s Night.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel