Bisnis.com, Jakarta – Presiden terpilih Prabowo Subianto periode 2024-2029 mengenang kembali pendirian PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (BBNI) sebagai bank pertama di Indonesia. 

Prabowo mengatakan, BNI memiliki hubungan emosional dengan keluarganya. Ia kemudian berperan sebagai kakeknya, Margono Jojohadikoesoemo, sebagai pendiri Bank Negara.

“Karena ini merupakan kebanggaan keluarga kami. Pak Margono mendapat perintah dari Bung Karno untuk membuka bank pertama milik rakyat Indonesia yaitu BNI,” ujarnya dalam sambutannya pada Investor Summit 2024 BNI di Jakarta Pusat, Rabu ( 9/10/2024).

Menurutnya, Margono mendapat amanah pendirian BNI langsung dari Soekarno dan Mohamad Hatta selaku presiden dan wakil presiden pertama RI.

Selain itu, ia juga menceritakan kisah perjuangan kakeknya di awal kemerdekaan Indonesia, seperti penangkapan tentara Belanda pada tahun 1948. “Saat Belanda menyerang Joja pada tahun 1948, Pak Margono ditangkap Belanda di kantor BNI. di Joja,” lanjutnya.

Karena sejarahnya yang panjang tersebut, akhirnya Prabowo menerima undangan dari BNI untuk menyampaikan beberapa patah kata dalam acara tersebut.

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengungkapkan orientasi kebijakan ekonominya saat resmi menjabat sebagai presiden beberapa hari lagi.

Prabowo memberi isyarat akan memperkuat pengelolaan aset dan kekayaan dalam negeri. Terkait hal tersebut, ia sempat menyinggung peran bank-bank anggota Himpunan Bank-Bank Negara (HIMBARA) dalam melindungi uang masyarakat.

Jadi BUMN, perbankan, ingat. BNI, Battle Bank, Himbara semuanya, uang yang Anda kelola adalah uang rakyat Indonesia, lanjut Menteri Pertahanan era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Prabowo, setiap sen uang rakyat, sekalipun dalam bentuk kredit, harus dipertanggungjawabkan. Dengan cara ini, kesuksesan akan tercapai dalam pengelolaan kekayaan tersebut.

Sementara itu, beberapa menteri senior kabinet Indonesia seperti Menteri BUMN Eric Thohiri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Suprathman Andi Agtas, dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono juga turut hadir pada hari tersebut. Tampak pula Direktur Utama BNI Roic Tumilaar.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel