Bisnis.com, Jakarta – Banyak orang yang bermimpi kuliah di Harvard University, namun hanya sedikit yang bisa mewujudkan cita-cita tersebut karena tingginya tingkat kesulitan.

Namun, bagi mereka yang ingin menjadi profesional di bidang teknologi, perjalanannya menjadi sedikit lebih mudah. Harvard kini menawarkan berbagai kursus gratis yang memberikan peta jalan komprehensif untuk berkarir di bidang teknologi.

Di sisi lain, kursus-kursus ini juga memberikan pengalaman belajar terbaik dari universitas ternama sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan materi yang mahal. 

Kursus yang ditawarkan juga fleksibel, artinya seseorang dapat belajar sambil bekerja atau berdagang sesuai pilihannya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun kursus-kursus ini gratis, mereka tidak menjamin penerimaan ke Universitas Harvard atau jalur langsung.

Sedangkan sertifikasi hanya diberikan kepada mereka yang mengikuti program pendidikan eksekutif.

Berikut adalah daftar kursus online gratis yang ditawarkan oleh Harvard:

– CS50 Pengantar Ilmu Komputer

– CS50 Pengantar Pemrograman dengan Python

– Pengantar CS50 tentang Kecerdasan Buatan dengan Python

– Pengantar Ilmu Data dengan Python

– Pengantar pemrograman Scratch untuk CS50

– CS50 Pengantar SQL dan Database

Kelas teknik khusus

– Pemrograman Web CS50 menggunakan Python dan JavaScript

– Ilmu data: pembelajaran mesin

– Ilmu Data: Dasar-dasar R

– Pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan dengan Python

Statistik dan Rs.

– Ilmu data: visualisasi

– Ilmu Data: Inferensi dan Pemodelan

– Menggunakan Python untuk penelitian

– Ilmu Komputer CS50 untuk Profesional Bisnis

Beberapa kursus yang paling populer adalah CS50: Ilmu Komputer dan CS50: Pengantar Pemrograman Python. Kursus ini bertujuan untuk memberikan peserta program pemahaman yang lebih baik tentang model pemrograman, wadah data, dan strategi pencarian yang relevan dengan banyak bidang, terlepas dari jalur karier mereka, seperti menjadi insinyur perangkat lunak, ilmuwan data, atau pakar AI.

Bagi mereka yang ingin mempelajari sesuatu yang lebih terspesialisasi, Harvard juga menawarkan opsi lanjutan seperti Python dan JavaScript serta Ilmu Data: Pemrograman Web dengan Pembelajaran Mesin. 

Kursus-kursus ini mengajarkan beberapa aspek dasar pembelajaran mesin, seperti PCA dan regularisasi, dan semuanya gratis.

Belajar di kursus-kursus ini memungkinkan siswa untuk membangun landasan teknis yang kuat sesuai kemampuan mereka, menjadikan pengetahuan yang diperoleh dari kurikulum Harvard sebagai sumber berharga bagi mereka yang ingin maju di sektor teknologi.

Sementara itu, lihat kursus yang tersedia dan daftar di https://pll.harvard.edu/catalog/free.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel