Bisnis.com, Jakarta – Instagram, salah satu media sosial terpopuler di dunia, merayakan hari jadinya yang ke-14 sejak diluncurkan pada Oktober 2010.

Menurut Backlinko, Instagram akan menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan pada September 2024, mencakup 38,68% dari 4,95 miliar pengguna aktif media sosial di seluruh dunia. Selain itu, 24,94% dari 8,02 miliar penduduk dunia menggunakan Instagram setiap bulannya.

Seringkali ternyata Mark Zuckerberg tidak menciptakan Instagram yang disebut sebagai perusahaan di bawah Meta, ia merupakan miliarder terkaya kedua di dunia.

Instagram awalnya dikembangkan di San Francisco dengan nama Burbn, sebuah aplikasi registrasi yang dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. 

Pada tanggal 5 Maret 2010, Systrom menutup putaran pendanaan $500.000 untuk mengembangkan perangkat lunak. 

Namun, menyadari bahwa aplikasi tersebut mirip dengan Foursquare, mereka akhirnya mengalihkan fokus aplikasi tersebut ke berbagi foto, yang kini menjadi fitur inti dan populer di kalangan penggunanya. Profil pendiri Instagram

Instagram didirikan oleh Kevin Systrom, yang memimpin perusahaan sebagai CEO selama 8 tahun sebelum meninggalkan perusahaan pada bulan September 2018 untuk mengejar proyek berikutnya.

Systrom lahir pada tanggal 30 Desember 1983 di Holliston, Massachusetts. Beliau merupakan lulusan Universitas Stanford dengan gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen dan Teknik.

Sebelum mendirikan Instagram, Systrom adalah bagian dari Odeo, yang kemudian menjadi Twitter, dan menghabiskan dua tahun di Google mengerjakan produk seperti Gmail dan Google Reader. 

Systrom sekarang juga seorang miliarder dengan kekayaan bersih $3,1 miliar, menurut Forbes. 

Bersama Systrom, ia mendirikan Instagram bersama Mike Krieger, yang merupakan kepala teknik Instagram selama 8 tahun sebelum meninggalkan perusahaan pada September 2018 untuk mengeksplorasi proyek baru. 

Berasal dari São Paulo, Brasil, Mike meraih gelar MA dalam Sistem Simbolik dari Universitas Stanford. 

Sebelum mendirikan Instagram, ia bekerja sebagai desainer pengalaman pengguna dan insinyur utama di Meebo.

Di Instagram, Mike berfokus pada penciptaan berbagai macam produk kreatif untuk menghubungkan komunitas di Instagram dengan minat dan minat mereka. Selain itu, Mike mengembangkan organisasi tekniknya menjadi 400 karyawan di kantor Instagram di Menlo Park, New York, dan San Francisco.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel